Keterlibatan dan Pengembangan Individu dalam Micro Leading
DOI:
https://doi.org/10.53491/jumpis.v2i2.1710Keywords:
Micro Leading, Manajemen Pendidikan, Pengembangan IndividuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan dan pengembangan individu dalam praktik micro leading sebagai bentuk kepemimpinan skala kecil yang berfokus pada peran aktif individu dalam organisasi, khususnya dalam konteks manajemen pendidikan Islam. Konsep micro leading dinilai mampu meningkatkan efektivitas organisasi, membangun budaya kolaboratif, serta mendorong inovasi dan tanggung jawab personal tanpa harus bergantung pada struktur otoritas formal. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi pustaka, dengan pendekatan deskriptif-kualitatif berdasarkan sumber-sumber akademik relevan, termasuk peraturan perundang-undangan terkait pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa keterlibatan individu dalam micro leading dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, dan manajerial melalui pelatihan mikro, coaching, dan mentoring. Namun, penerapannya menghadapi beberapa tantangan seperti resistensi terhadap perubahan, miskonsepsi antara micro leading dan micromanagement, serta kurangnya pelatihan kepemimpinan. Solusi yang ditawarkan meliputi pembangunan budaya kerja terbuka, penetapan peran yang jelas, serta pemanfaatan teknologi digital sebagai alat pendukung. Simpulan dari kajian ini menunjukkan bahwa micro leading merupakan strategi kepemimpinan yang relevan dan efektif dalam pengembangan individu dan peningkatan kinerja organisasi, terutama dalam konteks pendidikan modern yang dinamis.
Downloads
References
Andriyani, Y., Wulandari, J., Saptiani, F., & Rifa’i, A. (2024). Gaya Kepemimpinan Mikromanajemen dan Kinerja Karyawan Generasi Z di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 59–72.
Gramedia.com. (2024). Micro Learning: Definisi, Manfaat, Implementasi, dan Tantangannya. Gramedia.
Hidayati, N., & Pramudito, A. B. (n.d.). Coaching sebagai Strategi Peningkatan Kinerja Individu. Jurnal Psikologi Terapan, Vol. 9, 9, 10–18.
Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Retrieved from https://peraturan.go.id.
Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 5 Tahun tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).
Kurniawan, D., & Rachmawati, D. (2023). Penerapan Metode Workshop Interaktif dalam Pelatihan Keterampilan. Jurnal Pendidikan, 15, 45–58.
Lestari, R.A., & Nugroho, A. . (2024). Teknik Umpan Balik Efektif dalam Mentoring. Jurnal Pendidikan Profesional, 6, 25–30.
Mahmudah. (2015). Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi dalam Organisasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 19, 285. Retrieved from https://doi.org/10.31445/jskm.2015.190210
Muhammad Anwar. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Jurnal Ekspose, 16, 467–480.
Noviyanto, T. S. H., dkk. (2022). Pengantar micro teaching. Pradina Pustaka.
Prasetyo, A., & Rachmawati, D. (2023). Analisa Entrepreneurial Leadership dan Hambatan Pertumbuhan Usaha Mikro dan Kecil. Neliti, 10–12. Retrieved from https://www.neliti.com.
Sukirman. (2012). Pembelajaran Micro Teaching.
Supriyadi, E., & W. S. P. (2024). Role Modeling dalam Proses Mentoring. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 11, 12–20.
Wibowo, A., & Sariyani, I. (2024). Umpan Balik Berkelanjutan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 8, 15–22.
Zainal Abidin, M., et al. (2023). Micro-Mentoring sebagai Pendekatan Baru dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 7, 50–58.
Zulkhairi et al. (2021). Implementasi Micro Digital Leading Mahasiswa Institute Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11, 133–146.
Zulkhairi et al. (2023). Implementasi Micro Digital Leading di Sekolah. Jurnal Ar-Raniry, 10, 45–60.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agus Gunawan, Zia Shakila, Jenni Akmal, Instyawati Hakim, Muhammad Arjul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.