Konsep Pedagogi Inklusif dalam Pendidikan Islam
The Concept of Inclusive Pedagogy in Islamic Education
DOI:
https://doi.org/10.53491/obhe.v2i01.1605Keywords:
Inclusive pedagogy, plurality, Islamic educationAbstract
The phenomenon of social discrimination in educational activities is a challenge in the education system, and Islamic education is no exception. This study aims to explore the strategy of implementing inclusive pedagogy values in Islamic education activities. This qualitative research in the form of a literature review uses a content analysis approach. The data sources in this study were obtained from academic books, scientific journals, and articles that discuss the concept of inclusive pedagogy, and Islamic education. Then the data collection process was carried out through documentation. This research concludes that inclusive pedagogy in the Islamic education paradigm emphasises the importance of respecting plurality, and building a supportive educational environment for all learners, including those with special needs. Therefore, disseminating the values of inclusive pedagogy is urgent in the development of inclusive Islamic education, because it teaches that every individual has unique potential that needs to be respected. Educators and policy makers can realise an education system that respects plurality and provides equal access for all students. However, the application of inclusive pedagogy in Islamic education can also face various challenges related to social, cultural and structural aspects
Downloads
References
Agustian, H Y. “Meneliti Praktik Inklusif dalam Sekolah Internasional: Studi Kasus Dua Sekolah.” Jurnal Penelitian Pendidikan Internasional 20, no. 3 (2021): 226–41. https://doi.org/10.1177/14752409211059274.
Amin, Moh, dan Muflih Fahmi Kaunain. “Multikulturalisme dalam Al-Quran (Analisis Tafsir Siyasy QS Al-Hujarat Ayat 13).” Integrasi: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya 1, no. 1 (31 Januari 2023): 30–36 https://doi.org/10.38142/ijssc.v1i1.52.
Brill, Samanta Jander Chimene, dan Andreia Nakamura Bondezan. “Mengungkap Tantangan: Literasi Inklusif Anak-anak dengan Disabilitas Intelektual dalam Konteks Sekolah Brasil.” Dalam Kongres Multidisiplin Internasional VI Seven . Kongres Seven, 2024. https://doi.org/10.56238/sevenVImulti2024-030.
Cara, C. “Kekuatan Satu dengan Banyak: Praktik Inklusif dalam Mengajar dan Belajar.” Jurnal Internasional Ilmu Sosial Interdisipliner 1, no. 4 (2007): 115–24. https://doi.org/10.18848/1833-1882/cgp/v01i04/51534.
Choiriyah, S. “Pengembangan Model Evaluasi Program Pendidikan Islam Berbasis Karakter di Sekolah Dasar.” Administrasi Pendidikan: Teori dan Praktik 29, no. 2 (2023): 300–313. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85173700174&partnerID=40&md5=35637313e098424976bf03d1f52a1792.
Díaz-León, K, LI Palacios-Serna, dan CE Borrego-Rosas. “Pendidikan Inklusif: Dari Pertimbangan Teoritis hingga Praksis Sosial.” Clio. Revista de Historia, Ciencias Humanas dan Pensamiento Critico. 4, tidak. 8 (2024): 152–68. https://doi.org/10.5281/zenodo.12598876.
Faizah, Nur, Zainuddin Zainuddin, dan Mutmainnah Mutmainnah. “DIMENSI FILOSOFIS DALAM PENGELOLAAN ISLAM: TANTANGAN DAN PELUANG.” Jurnal Internasional Multidisiplin (IJMI) 1, no. 2 (29 Mei 2024): 43–52. https://doi.org/10.61796/ijmi.v1i2.133.
Finetti, M, dan N Luongo. “Teknologi Bantuan untuk Kebutaan dan Gangguan Penglihatan: Mendukung Guru di Kelas K-12.” Dalam Menggunakan Teknologi Bantuan untuk Pembelajaran Inklusif di Kelas K-12 , 74–103, 2023. https://doi .org/10.4018/978-1-6684-6424-3.ch004.
Fitri, A Z. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif dengan Desain Humanistik Modifikasi.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPS 13, no. 3 (2022): 150–73. https://www.scopus.com/inward/record.uri ?eid=2-s2.0-85139235299&partnerID=40&md5=85c319c5770ce1f35d829a0fd895ba04.
Florian, L. “Konseptualisasi Pedagogi Inklusif: Pendekatan Pedagogi Inklusif dalam Aksi.” Perspektif Internasional tentang Pendidikan Inklusif 7 (2015): 11–24. https://doi.org/10.1108/S1479-363620150000007001.
Florian, L, dan J Spratt. “Menerapkan Inklusi: Sebuah Kerangka Kerja untuk Menanyai Praktik Inklusif.” Jurnal Eropa Pendidikan Kebutuhan Khusus 28, no. 2 (2013): 119–35. https://doi.org/10.1080/08856257.2013.778111.
Gilson, Cindy M, dan Lindsay E Lee. “Menumbuhkan Lingkungan Belajar untuk Mendukung Siswa Berbakat yang Beragam.” Gifted Child Today 46, no. 4 (29 Oktober 2023): 235–49. https://doi.org/10.1177/10762175231186454.
Griban, Grygoriy P, O Tymoshenko, V Arefiev, L Sushchenko, Zh Domina, T Malechko, I Zhuravlov, P Tkachenko, A Baldetskiy, dan K Prontenko. “Peran Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Status Kesehatan Mahasiswa Kelompok Kedokteran Khusus.” Wiadomości Lekarskie , no. 73 (6) (2020): 534–40.
Hakim, Lukman Nul, dan Iffatul Bayyinah. “1. Etika Sosial Perspektif Mufassir Nusantara: Kajian Qs. Al-Hujurat Ayat 9-13 Dalam Tafsir Al-Ibriz,” 2023. https://doi.org/10.61994/alshamela.v1i1.33.
Hanani, S. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Al-Azhar Kota Bukittinggi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2020): 217–30. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-08.
Hasan, BMM, dan MAA Rab. “PRINSIP KESETARAAN DALAM ISLAM ADALAH STUDI ANALITIS TERHADAP KONSEP DIFERENSIASI DAN RASISME.” Jurnal Syariah dan Hukum Malaysia 9, no. 1 (2021): 17–34. https:/ /doi.org/10.33102/mjsl.vol9no1.295.
Hoque, A. “Mendidik Anak-Anak Muslim: Mengembangkan Pedagogi yang Responsif terhadap Budaya.” Dalam Etnisitas, Agama, dan Pendidikan Muslim di Dunia yang Berubah: Menavigasi Perspektif Kontemporer tentang Sekolah Multikultural di Inggris , 117, 2024. https://doi.org/10.4324/9781003332237-8.
Karasu, T. “Teori-teori yang mendasari pendidikan inklusif dan pandangan Islam tentang pendidikan agama yang inklusif.” Cumhuriyet Ilahiyat Dergisi 23, no. 3 (2019): 1371–87. https://doi.org/10.18505/cuid.588894.
Khalil, M H. “Islam dan Keselamatan Sesama.” Dalam Filsafat Agama - Agama-agama Dunia , 6:149–61, 2017. https://doi.org/10.1163/9789004330436_007.
Khazanchi, P, dan R Khazanchi. “Mengintegrasikan Prinsip Desain Pembelajaran Universal untuk Mengajar Siswa dengan Gangguan Spektrum Autisme di Kelas Inklusif.” Dalam Mengembangkan Lingkungan Inklusif dalam Pendidikan: Praktik dan Kurikulum Global , 117–41, 2023. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0664-2.ch007.
Khoiriyah, Khoiriyah. “INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PESANTREN.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 7, no. 1 (28 Februari 2023): 070. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1810.
Khurana, A, M Scanlan, J Bott, dan E d'Ablemont Burnes. “Kemitraan Riset-Praktik untuk Mereformasi Pemberian Layanan Pendidikan Khusus di Sekolah Umum Boston.” Dalam Kepemimpinan Inklusif: Kesetaraan dan Keterikatan dalam Komunitas Kita , 107–18, 2023. https://doi.org/10.1108/S2058-880120230000009010.
Kuteesa, Kevin Namiiro, Chidiogo Uzoamaka Akpuokwe, dan Chioma Ann Udeh. “Kesetaraan Gender dalam Pendidikan: Mengatasi Tantangan dan Mendorong Peluang untuk Pemberdayaan Sosial.” Jurnal Internasional Penelitian Terapan dalam Ilmu Sosial 6, no. 4 (2024): 631–41.
Lisyawati, E, dan N Setyaningrum. “Model Kurikulum Pendidikan Inklusif di Lembaga Pendidikan Islam: Studi Kasus di Provinsi Banten, Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 19, no. 2 (2022): 193–206. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.192-02.
Malherbe, R. “Kerangka Konstitusional untuk Mencapai Kesempatan yang Sama dalam Pendidikan.” Perspektif dalam Pendidikan 22, no. 3 (2004): 9–28. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid= 2-s2.0-8744270437&partnerID=40&md5=d6190dff5c83a37001e216ecbd09e37f.
Manurung, P, AH Saragih, dan P Hasibuan. “Kajian Filsafat Pendidikan dan Analisis Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Menurut Al-Qur'an.” Jurnal Teologi Pharos 105, no. 2 (2024): 1–13. https://doi.org/10.46222/pharosjot.105.28.
Medina-García, M, L Doña-Toledo, dan L Higueras-Rodríguez. “Kesempatan yang Sama dalam Sistem Pendidikan yang Inklusif dan Berkelanjutan: Model Penjelasan.” Sustainability (Swiss) 12, no. 11 (2020). https://doi.org/10.3390/su12114626.
Meyer, K. “Mengapa Kita Harus Menuntut Kesetaraan Kesempatan Pendidikan?” Teori dan Penelitian dalam Pendidikan 14, no. 3 (2016): 333–47. https://doi.org/10.1177/1477878516676709.
Nagizade, Pari. “STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG POSITIF DAN DUKUNG DI SEKOLAH.” Karya Ilmiah 91, no. 1 (3 Juni 2024): 251–54. https://doi.org/10.69682/azrt.2024.91(1) .251-254.
Nurdin, A, A Haris, N Zainab, dan MZ Yahaya. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah atau Madrasah Inklusif dan Implementasinya: Tinjauan Pustaka Sistematis.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 21, no. 1 (2024): 94–110. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.6907.
Oranga, J, E Njurai, B Gisore, dan GN Areba. “Pendidikan Inklusif: Melampaui Praktik Eksklusif dalam Pendidikan.” Dalam Menjelajahi Keadilan Pendidikan di Persimpangan Kebijakan dan Praktik , 101–19, 2024. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-1614-6.ch006.
Peck, NF, SP Maude, dan MJ Brotherson. “Memahami Perspektif Guru Prasekolah tentang Empati: Sebuah Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 43, no. 3 (2015): 169–79. https://doi.org/10.1007/s10643-014-0648-3.
Purwanto, MR, T Mukharrom, C Chotimah, dan HA Sanaky. “Peran Pendidikan dalam Pembentukan Guru Pesantren di Indonesia.” Utopia y Praxis Latinoamericana 25, no. Extra10 (2020): 514–21. https://doi.org/10.5281/zenodo.4155801.
Puspitasari, Niken Sylvia, Muhammad Zaidan Irfan, dan Muhamad Redho Al Faritzi. “Disabilitas dalam Al-Qur'an: Manifestasi Reposisi dari Eksklusif ke Inklusif.” Jurnal Studi Al-Qur'an 20, no. 2 (23 Juli 2024): 123–35. https://doi.org/10.21009/20.2.02.
Qumbisa, N, B Awuzie, dan F Emuze. “Meningkatkan Implementasi Program Pendidikan Tinggi Inklusif Menggunakan Filsafat Afrika.” Dalam Menggunakan Epistemologi Afrika dalam Membentuk Pengetahuan Pendidikan Inklusif , 431–47, 2023. https://doi.org/10.1007/978-3-031-31115-4_23.
Setiawan, Andry, dan Andewi Suhartini. “Al-Quran dan Restorasi Pendidikan.” Jurnal Studi dan Peradaban Islam Modern 2, no. 02 (2024): 173–81. https://doi.org/10.59653/jmisc.v2i02 .750.
Șiangă, Zoia, dan Mihaela Luminița Sandu. “Persepsi Sosial tentang Integrasi Anak-anak dengan Kebutuhan Pendidikan Khusus dalam Pendidikan Umum.” Eximia 13 (25 Februari 2024): 208–19. https://doi.org/10.47577/eximia.v13i1.439.
Stimpson, B, dan I Calvert. “Filsafat Pendidikan Al-Qur'an: Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan dalam Teks Islam yang Paling Suci.” Religions 12, no. 2 (2021): 1–17. https://doi.org/10.3390/rel12020082.
Sholikah, S., & Aziz, M. (2024). Analisis Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara dalam Tinjauan Alquran. Akademika, 18(1). https://doi.org/10.30736/adk.v18i1.1464.
Waghid, Y. “Pendidikan Islam.” Dalam Ensiklopedia Pendidikan Internasional, Edisi Ketiga , 69–73, 2009. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.00561-3.
Wardani, Risma, dan Mutohharun Jinan. “Analisis Kebijakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Inklusif di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta.” Jurnal ICSAR 8, no. 1 (14 Januari 2024): 180. https://doi.org/10.17977/um005v8i1p180.
Westwood, P. Pengajaran Inklusif dan Adaptif: Menghadapi Tantangan Keberagaman di Kelas, Edisi Kedua . Pengajaran Inklusif dan Adaptif: Menghadapi Tantangan Keberagaman di Kelas, Edisi Kedua , 2018. https://doi.org/10.4324/9781351061261.
Yusuf, M, dan IS Wekke. “Mengembangkan Kesadaran Lingkungan dan Mewujudkan Ketakwaan Sempurna Berdasarkan Al-Quran.” Jurnal Internasional Sains dan Teknologi Mutakhir 29, no. 5 (2020): 2039–50. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85083713736&partnerID=40&md5=9d977f9de6ec4ed35beb855266b290f6 .
Yusuf, Muhammad, Achmad Abubakar, Mardan Mardan, Nahdhiyah Nahdhiyah, dan Abd Rahim. “Dialog Pendidikan Multikultural dan Harmoni dalam Kesejahteraan Berbasis Al-Qur’an ” 3, no. 3 (2020): 107–19. https://doi.org/10.33648/IJOASER.V3I3.65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bayu Mujrimin, Muhammad Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.