SOSIALISASI MEDIA AJAR DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI MENGAJI SANTRI TPQ MUSHOLLA AT-THAYYIBAH KAMPUNG INTAIMELYAN ARSO IX

Authors

  • Zainal Abidin Institut Agama Islam Negeri, Papua, Indonesia
  • Rizka Dwi Cahyani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Ade Almi Institut Agama Islam Negeri, Papua, Indonesia
  • Nailah Farafishah Wisuda Wati Institut Agama Islam Negeri, Papua, Indonesia
  • Jumadi Talib Yeubun Institut Agama Islam Negeri, Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v2i1.996

Keywords:

Sosialisasi Media Ajar, Motivasi Santri, Pembelajaran Mengaji

Abstract

Kurangnya motivasi santri dalam belajar mengaji di TPQ Musholla At-Thayyibah, Kampung Intaimelyan, Arso IX menjadi latar belakang penelitian ini. Banyak santri tidak rutin hadir karena proses pembelajaran yang monoton dan kurang inovatif. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi media ajar untuk meningkatkan motivasi belajar. Penggunaan media ajar diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih efisien dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research). Tim penulis bertindak sebagai fasilitator yang terlibat langsung dalam sosialisasi dan pengajaran kepada 38 santri yang terdiri dari pembaca Iqra' dan Al-Qur'an. Penelitian ini melalui beberapa tahap: identifikasi masalah, perancangan aksi, pelaksanaan sosialisasi, serta evaluasi hasil. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan media ajar memudahkan santri memahami materi, mengenali huruf hijaiyah, dan meningkatkan minat serta sikap positif dalam belajar mengaji. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan membaca dan motivasi santri dalam menghadiri tempat mengaji. Keterbatasan penelitian ini adalah jumlah pengajar yang kurang memadai, sehingga disarankan untuk menambah tenaga pendidik melalui kerjasama dengan karang taruna setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herliani, E., & Heryati, E. (2017). Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik. Pengembangan Potensi Peserta Didik, 147–167.

Huda, N. F. (2020). Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220

Kuddus, M. (2019). PERAN TPA DALAM MENGEMBANGKAN AKHLAK ANAK DI TPA FUTUHIYYAH JURUGAN BANGUNKERTO TURI SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI.

Megayanti. (2016). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Siswa Malas Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(Edisi 30 tahun ke-5), 1–5.

Nurwahidah, I., Ihwani, N. N., & Sofia, N. (2021). Pemanfaatan Media Digital Terhadap Minat Belajar Mengaji Pada Peserta Didik. AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.30596/arrasyid.v2i1.10296

Parakomando, J. L., Moriah, K. B. T. N., Ikhlas, A., Ikhlas, A. L., Muhajirin, A. L., & Ulum, B. (2019). REKAP TPQ TAHUN 2019 SE PAPUA. 1.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.

Salinitas, P., Berbeda, Y., Salinity, A. T. D., Ikan, T., Jagung, T., Dan, D. H., Niode, A. R., Irdja, A. M., Dipelihara, Y., Happa, D., Imbangan, P., Dan, P., Pakan, E., Rohma, A., Arief, M., Soedjiwo, N. ade fredyarini, Santia, I., Rizki, A., Purbomartono, C., … Mada, U. G. (2019). Dosen STAI Denpasar Bali. 1. Jurnal Moderat, 2(1), 1–11. http://juliwi.com/published/E0101/Paper0101_39-45.pdf

Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Abidin, Z. ., Cahyani, R. D., Almi, A. ., Wisuda Wati, N. F. ., & Yeubun, J. T. . (2024). SOSIALISASI MEDIA AJAR DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI MENGAJI SANTRI TPQ MUSHOLLA AT-THAYYIBAH KAMPUNG INTAIMELYAN ARSO IX. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26-34. https://doi.org/10.53491/numbay.v2i1.996