SOSIALISASI MEDIA AJAR DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI MENGAJI SANTRI TPQ MUSHOLLA AT-THAYYIBAH KAMPUNG INTAIMELYAN ARSO IX
DOI:
https://doi.org/10.53491/numbay.v2i1.996Keywords:
Sosialisasi Media Ajar, Motivasi Santri, Pembelajaran MengajiAbstract
Kurangnya motivasi santri dalam belajar mengaji di TPQ Musholla At-Thayyibah, Kampung Intaimelyan, Arso IX menjadi latar belakang penelitian ini. Banyak santri tidak rutin hadir karena proses pembelajaran yang monoton dan kurang inovatif. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi media ajar untuk meningkatkan motivasi belajar. Penggunaan media ajar diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih efisien dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research). Tim penulis bertindak sebagai fasilitator yang terlibat langsung dalam sosialisasi dan pengajaran kepada 38 santri yang terdiri dari pembaca Iqra' dan Al-Qur'an. Penelitian ini melalui beberapa tahap: identifikasi masalah, perancangan aksi, pelaksanaan sosialisasi, serta evaluasi hasil. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan media ajar memudahkan santri memahami materi, mengenali huruf hijaiyah, dan meningkatkan minat serta sikap positif dalam belajar mengaji. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan membaca dan motivasi santri dalam menghadiri tempat mengaji. Keterbatasan penelitian ini adalah jumlah pengajar yang kurang memadai, sehingga disarankan untuk menambah tenaga pendidik melalui kerjasama dengan karang taruna setempat.
Downloads
References
Herliani, E., & Heryati, E. (2017). Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik. Pengembangan Potensi Peserta Didik, 147–167.
Huda, N. F. (2020). Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220
Kuddus, M. (2019). PERAN TPA DALAM MENGEMBANGKAN AKHLAK ANAK DI TPA FUTUHIYYAH JURUGAN BANGUNKERTO TURI SLEMAN YOGYAKARTA SKRIPSI.
Megayanti. (2016). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Siswa Malas Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(Edisi 30 tahun ke-5), 1–5.
Nurwahidah, I., Ihwani, N. N., & Sofia, N. (2021). Pemanfaatan Media Digital Terhadap Minat Belajar Mengaji Pada Peserta Didik. AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.30596/arrasyid.v2i1.10296
Parakomando, J. L., Moriah, K. B. T. N., Ikhlas, A., Ikhlas, A. L., Muhajirin, A. L., & Ulum, B. (2019). REKAP TPQ TAHUN 2019 SE PAPUA. 1.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.
Salinitas, P., Berbeda, Y., Salinity, A. T. D., Ikan, T., Jagung, T., Dan, D. H., Niode, A. R., Irdja, A. M., Dipelihara, Y., Happa, D., Imbangan, P., Dan, P., Pakan, E., Rohma, A., Arief, M., Soedjiwo, N. ade fredyarini, Santia, I., Rizki, A., Purbomartono, C., … Mada, U. G. (2019). Dosen STAI Denpasar Bali. 1. Jurnal Moderat, 2(1), 1–11. http://juliwi.com/published/E0101/Paper0101_39-45.pdf
Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zainal Abidin, Rizka Dwi Cahyani, Ade Almi, Nailah Farafishah Wisuda Wati, Jumadi Talib Yeubun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.