PENDAMPINGAN TAHFIDZ ALQURAN MELALUI METODE TALAQQI BAGI SANTRI TPQ AL-MUHAJIRIN MENDALO JAMBI

Authors

  • Tika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Ika Aryastuti Hasanah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Umil Muhsinin Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Dian Rohdiana Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v3i2.1832

Keywords:

Tahfidz Alquran, Metode Talaqqi, Pendampingan, TPQ

Abstract

Penguasaan hafalan Al-Qur’an pada santri merupakan bagian penting dalam membentuk kedisiplinan, akhlak, dan pemahaman keagamaan sejak Sekolah Dasar. Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Muhajirin Mendalo, Jambi, menghadapi kendala dalaM kemampuan menghafal AL-Quran santri, khususnya berkaitan dengan kelancaran, ketepatan, dan konsistensi hafalan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengoptimalkan hafalan dan kualitas tahfidz Al-Qur’an melalui penerapan metode talaqqi, yaitu pembelajaran langsung dan tatap muka antara guru dan santri secara intensif. Pendekatan yang digunakan meliputi pendampingan rutin, latihan pengulangan hafalan terstruktur, dan evaluasi berkala sebagai instrumen pemantauan capaian hafalan. Kegiatan dilaksanakan selama delapan minggu dengan melibatkan 20 santri yang telah memiliki hafalan dasar. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada jumlah ayat yang dihafal, kualitas makhraj dan tajwid, serta motivasi belajar santri. Temuan ini menunjukkan bahwa metode talaqqi dengan pendampingan intensif dan berkelanjutan efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di lingkungan TPQ, serta memiliki potensi untuk direplikasi pada lembaga pendidikan Al-Qur’an lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhsanudin, M. (2024). Strategi ustadz dalam meningkatkan dan menjaga hafalan Al-Qur’an santri di pondok pesantren. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 3(2), 182–191. https://doi.org/10.38073/aljadwa.v3i2.1603

Azizah, Y. N., Azizah, W., & Aisyatul, N. (2022). Implementation of the Tahfidz Quran program in developing Islamic character. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3546–3559. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2077

Erly Yanti Rihana Paramida. (2025). Manajemen program tahfidz dalam mewujudkan generasi penghafal Quran di SMP Swasta Lampung Utara. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26396

Fadhil, M. K., Azzahro, F., Darmawan, M. R., Astuti, S., & Affandi, M. I. (2025). Pohon impian: Program edukasi untuk meningkatkan motivasi siswa SDN Kepatihan 6. Room of Civil Society Development, 4(2), 298–308. https://doi.org/10.59110/rcsd.572

Fahman, F., & Nasution, H. A. (2024). Implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Islam, 8(4), 1–11.

Intyaswati, D., Saputra, W. T., Maryam, S., & Setiadarma, A. (2025). Pembiasaan sholat dhuha untuk pembentukan karakter dan disiplin siswa Madrasah Ibtidaiyah Khoirul Huda Depok dengan metode Participatory Action Research (PAR). Smart Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 102–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.8144247

Lawson, H. A., Caringi, J., Pyles, L., Jurkowski, J., & Bozlak, C. (2015). Participatory action research. Oxford University Press.

Parhan. (2023). Pendampingan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah Desa Parung. Khidmat: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://journal.stai-nuruliman.ac.id/index.php/khmt/article/view/239

Pramana, D. D., Anjani, D., Islam, U., Sultan, N., Muhammad, A., & Samarinda, I. (2023). Implementation of the talaqqi method for harmonizing the version of the Quran in SMPIT Darul It-Tihad Kembang Janggut. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1, 346–350. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/58

Salsabilla. (2024). Penerapan metode talaqqi dalam mengenalkan huruf hijaiyah di Tadika Tinta Khalifah Sungai Karangan, Malaysia. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(4), 2189–2201. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1456

Savira, E. V. (2024). Penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna di Tadika Cendikiawan Ceria Perda Utara. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6575

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Sari, T. ., Hasanah, I. A. ., Muhsinin, U. ., & Rohdiana, D. . (2025). PENDAMPINGAN TAHFIDZ ALQURAN MELALUI METODE TALAQQI BAGI SANTRI TPQ AL-MUHAJIRIN MENDALO JAMBI. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 77-89. https://doi.org/10.53491/numbay.v3i2.1832