BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI DI KAMPUNG SKOUW SAE
DOI:
https://doi.org/10.53491/numbay.v3i1.1799Keywords:
Anak Usia Dini, Bahasa Inggris, Pembelajaran MenyenangkanAbstract
Penguasaan dasar bahasa asing khususnya Bahasa Inggris, sejak usia dini merupakan langkah penting dalam membekali anak menghadapi era globalisasi. Namun, di daerah perbatasan seperti Kampung Skouw Sae, keterbatasan fasilitas dan sumber daya pendidikan menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan kemampuan bahasa anak. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Inggris secara menyenangkan kepada anak usia dini melalui pendekatan bermain sambil belajar. Metode yang digunakan mencakup kegiatan interaktif seperti bernyanyi, bercerita, bermain peran, dan penggunaan media visual yang menarik. Program ini melibatkan anak-anak usia 4–6 tahun, serta didampingi oleh guru PAUD dan relawan mahasiswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar, pengenalan kosakata dasar Bahasa Inggris, dan keberanian anak dalam menirukan serta menggunakan bahasa secara sederhana. Program ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak di wilayah terpencil atau perbatasan.
Downloads
References
Amalia, T. Z. (2020). Peran guru anak usia dini dalam pengenalan bahasa Inggris dasar di PAUD. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 21–35.
Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575
Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran bahasa Inggris siswa taman kanak-kanak. Metode Total Physical Response (TPR) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak, 17(2), 9–23.
Hartono, H. (2020). Metode dan teknik kreatif mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak usia dini. SCU Knowledge Media. https://books.google.co.id/books?id=BjjqDwAAQBAJ
Febriyanti, F., Syaodih, E., & Agustin, M. (2016). Pengenalan bahasa Inggris dalam pembelajaran PAUD di taman kanak-kanak Kota Bandung. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 33–46.
Hasanah, N. I., & Ulya, N. (2020). Strategi pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Santa Maria Banjarmasin. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 57–68.
Syamsu, Y. L. N. (2001). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Remaja Rosdakarya.
Tyaningsih, A. R. (2016). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini berbasis proses pemerolehan bahasa pertama. Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3, 74–82.
Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maya Sari, Kiki Cholifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.