BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI DI KAMPUNG SKOUW SAE

Authors

  • Maya Sari IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Kiki Cholifah IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v3i1.1799

Keywords:

Anak Usia Dini, Bahasa Inggris, Pembelajaran Menyenangkan

Abstract

Penguasaan dasar bahasa asing khususnya Bahasa Inggris, sejak usia dini merupakan langkah penting dalam membekali anak menghadapi era globalisasi. Namun, di daerah perbatasan seperti Kampung Skouw Sae, keterbatasan fasilitas dan sumber daya pendidikan menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan kemampuan bahasa anak. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Inggris secara menyenangkan kepada anak usia dini melalui pendekatan bermain sambil belajar. Metode yang digunakan mencakup kegiatan interaktif seperti bernyanyi, bercerita, bermain peran, dan penggunaan media visual yang menarik. Program ini melibatkan anak-anak usia 4–6 tahun, serta didampingi oleh guru PAUD dan relawan mahasiswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar, pengenalan kosakata dasar Bahasa Inggris, dan keberanian anak dalam menirukan serta menggunakan bahasa secara sederhana. Program ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak di wilayah terpencil atau perbatasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, T. Z. (2020). Peran guru anak usia dini dalam pengenalan bahasa Inggris dasar di PAUD. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 21–35.

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran bahasa Inggris siswa taman kanak-kanak. Metode Total Physical Response (TPR) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak, 17(2), 9–23.

Hartono, H. (2020). Metode dan teknik kreatif mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak usia dini. SCU Knowledge Media. https://books.google.co.id/books?id=BjjqDwAAQBAJ

Febriyanti, F., Syaodih, E., & Agustin, M. (2016). Pengenalan bahasa Inggris dalam pembelajaran PAUD di taman kanak-kanak Kota Bandung. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 33–46.

Hasanah, N. I., & Ulya, N. (2020). Strategi pengenalan bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Santa Maria Banjarmasin. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 57–68.

Syamsu, Y. L. N. (2001). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Remaja Rosdakarya.

Tyaningsih, A. R. (2016). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini berbasis proses pemerolehan bahasa pertama. Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3, 74–82.

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Downloads

Published

2025-08-14

How to Cite

Sari, M. ., & Cholifah , K. . (2025). BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI DI KAMPUNG SKOUW SAE. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 39-46. https://doi.org/10.53491/numbay.v3i1.1799