AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEBIJAKAN HUKUM DAN PRINSIP UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING

Authors

  • Fajar Institut Agama Islam Negeri Bone, Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v3i1.1781

Keywords:

Kebijakan Akomodasi, Disabilitas, Pendidikan Tinggi, UDL

Abstract

Penelitian ini menganalisis peluang dan tantangan penerapan Universal Design for Learning (UDL) dalam pendidikan tinggi berdasarkan kebijakan hukum tentang akomodasi yang layak bagi peserta didik penyandang disabilitas di Indonesia. Regulasi seperti Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020, dan Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2023 memberikan landasan hukum untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi mahasiswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka. Data diperoleh dari analisis peraturan perundang-undangan dan studi terdahulu yang berkaitan dengan implementasi UDL dan pendidikan inklusif. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun regulasi telah memberikan dukungan terhadap pendidikan inklusif, tantangan utama dalam implementasi UDL di perguruan tinggi meliputi kurangnya pemahaman pendidik, keterbatasan infrastruktur, dan minimnya sinergi antara kebijakan dan praktik di lapangan. Penelitian ini menemukan bahwa keberadaan Unit Layanan Disabilitas (ULD) yang diatur dalam regulasi memiliki potensi besar untuk mendorong penerapan UDL secara lebih sistematis di perguruan tinggi. Namun, masih diperlukan optimalisasi dalam aspek kurikulum, penguatan kapasitas pendidik, serta kolaborasi antara institusi pendidikan dan pemerintah untuk memastikan efektivitas implementasi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan program pelatihan bagi pendidik, penyediaan fasilitas berbasis teknologi yang mendukung aksesibilitas, serta evaluasi berkelanjutan terhadap kebijakan pendidikan inklusif berbasis UDL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Almumen, H. A. (2020). Universal Design for Learning (UDL) Across Cultures: The Application of UDL in Kuwaiti Inclusive Classrooms. SAGE Open, 10(4). Scopus. https://doi.org/10.1177/2158244020969674

Banks, L. M., & Polack, S. (2014). The economic costs of exclusion and gains of inclusion of people with disabilities. London: International Centre for Evidence in Disability.

Burgstahler, S. (2015). Universal Design in Higher Education: From Principles to Practice. Harvard Education Press.

Burgstahler, S. (2020). Creating inclusive learning opportunities in higher education: A universal design approach. Harvard Education Press.

CAST. (2018). Universal design for learning guidelines. CAST.

Diogo, M. A., & Geller, M. (2023). An Accessible Curriculum Proposal in Functions Content Based on the Universal Design for Learning. Acta Scientiae, 25(4), 219–255. Scopus. https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.7706

Glass, D., Meyer, A., & Rose, D. (2013). Universal design for learning and the arts. Harvard Educational Review, 83(1), 98–119.

Haegele, J. A., Holland, S. K., Wilson, W. J., Maher, A. J., Kirk, T. N., & Mason, A. (2024). Universal design for learning in physical education: Overview and critical reflection. European Physical Education Review, 30(2), 250–264. Scopus. https://doi.org/10.1177/1356336X231202658

Hall, T., Meyer, A., & Rose, D. (2012). Universal design for learning in the classroom: Practical applications. Guilford Publications.

Hall, T., Meyer, A., & Rose, D. H. (2021). Universal Design for Learning in Higher Education: Strategies for Inclusive Teaching. Cambridge: Harvard Education Press.

Hukumonline. (2024). Mengenal 22 Hak Penyandang Disabilitas dalam Undang-Undang. Retrieved from hukumonline.com

Ibrahim, J. (2020). Teori dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Karisa, A. (2023). Universal design for learning: Not another slogan on the street of inclusive education. Disability and Society, 38(1), 194–200. Scopus. https://doi.org/10.1080/09687599.2022.2125792

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2023 tentang

Marzuki, P. M. (2017). Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana.

McKenzie, J., Karisa, A., & Kahonde, C. (2024). Universal Design for Learning in Low- and Middle-Income Countries: A Review of the Literature. International Journal of Disability, Development and Education. Scopus. https://doi.org/10.1080/1034912X.2024.2329628

Meyer, A., Rose, D. H., & Gordon, D. (2014). Universal design for learning: Theory and practice. CAST Professional Publishing.

Mitra, S., Posarac, A., & Vick, B. (2013). Disability and poverty in developing countries: A multidimensional study. World Development, 41, 1-18.

Ningtyas, Y. D. W. K., Amilia, F., & Kamilah, N. (2020). Inovasi Model Desain Universal untuk Pembelajaran Kebutuhan Khusus di Perguruan Tinggi. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 5(2), 24–29.

Novak, K., & Rodriguez, R. (2016). Universally designed leadership: Applying UDL to systems and schools. CAST.

Pemerintah Indonesia. (2016). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Jakarta: Pemerintah Indonesia.

Pujiyanti, I. (2018). Implementasi Universal Design Pada Fasilitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Arsitektur Dan Perencanaan, 1(2), 223–239.

Saini, R., Nordin, Z. S., Hashim, M. H., & Abol, M. T. (2024). Universal Design for Learning (UDL) to Facilitate the Learning of Students with Intellectual Disabilities within the Inclusive Educational Context in Sarawak, East Malaysia. International Journal of Special Education, 39(2), 12–23. Scopus. https://doi.org/10.52291/ijse.2024.39.18

Suprihatiningrum, J., Jahidin, A., Aminah, S., & Hanjarwati, A. (2021). Panduan Modifikasi Kurikulum Perguruan Tinggi: Pendekatan Universal Design for Learning (UDL) dan Adaptasi. Suka Press. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57826/

Tomas, V., Cross, A., & Campbell, W. N. (2018). Building Bridges Between Education and Health Care in Canada: How the ICF and Universal Design for Learning Frameworks Mutually Support Inclusion of Children With Special Needs in School Settings. Frontiers in Education, 3. Scopus. https://doi.org/10.3389/feduc.2018.00018

Zhang, L., Carter, R. A., & Hoekstra, N. J. (2024). A critical analysis of universal design for learning in the U.S. federal education law. Policy Futures in Education, 22(4), 469–474. Scopus. https://doi.org/10.1177/14782103231179530

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Fajar, F. (2025). AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEBIJAKAN HUKUM DAN PRINSIP UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 22-38. https://doi.org/10.53491/numbay.v3i1.1781