PENDAMPINGAN PENERAPAN LOCATION STRATEGY PADA UMKM BAKSO CAHNOGIRI MENGGUNAKAN METODE FACTOR RATING
DOI:
https://doi.org/10.53491/numbay.v3i1.1462Keywords:
Manajemen Operasional, Pemeringkatan Faktor, Strategi Lokasi, Usaha Mikro Kecil MenengahAbstract
Lokasi usaha strategis merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan UMKM, termasuk Bakso Cahnogiri yang berencana membuka cabang baru dengan harga jual lebih terjangkau. Pemilihan lokasi cabang sangat penting untuk mendukung kelangsungan usaha, mengurangi risiko kerugian, dan meningkatkan potensi keuntungan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi pemilik usaha dalam menentukan lokasi strategis dengan menggunakan metode factor rating atau pemeringkatan faktor. Lima Key Success Factors (KSF) yang digunakan sebagai kriteria penilaian adalah daya tarik konsumen, aksesibilitas, kedekatan dengan pasar, area parkir, dan kinerja karyawan. Kegiatan dilakukan di dua alternatif lokasi, yaitu Sukaragam dan Sukasari, Bekasi, melalui wawancara, observasi langsung, dan survei lokasi. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa lokasi Sukaragam memperoleh skor tertinggi, yakni 82,75, dibandingkan dengan Sukasari yang memperoleh skor 78,9. Lokasi Sukaragam lebih unggul pada faktor daya tarik konsumen dan aksesibilitas karena letaknya di jalan utama yang ramai dilintasi. Hasil ini memberikan rekomendasi kepada pelaku usaha untuk memilih Sukaragam sebagai lokasi cabang baru, yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan usaha secara berkelanjutan. Studi ini juga menegaskan pentingnya penggunaan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan lokasi bagi UMKM.
Downloads
References
Buhori, Amanina, A. A., & Khatami, N. A. (2022). Analysis of determining factory location of consumer goods company. Journal of Digital Business and Innovation Management, 1(2), 168–176. https://doi.org/10.26740/jdbim.v1i2.50510
Dennis, & Yusrin, N. A. (2024). Studi pengembangan usaha pemilihan lokasi cabang baru Bakmi brand “Mie Kepiting Hengman.” JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4534–4547.
Heriyani, N., Yanuardi, Handayani, N., & Mulyadi. (2024). Sistem pendukung keputusan menggunakan pendekatan additive ratio assessment pada penentuan lokasi usaha untuk UMKM. Information System Research Journal, 4(2), 1–12.
Hermiati, N. F., Setyaningrum, R. P., Safitri, W., Maria, F., Hariroh, R., & Afandi, D. R. (2023). Supervisi desain kemasan dan e-marketing berbasis web teknologi SMS getaway supervision of web-based packaging design and e-marketing SMS technology getaway Bekasi banana chip production produk modern melalui internet ini lebih sering didengar dengan isti. 1(3).
Hidayat, N., Maya, M., Putra, I., & Pasorong, L. (2025). Analisis penentuan lokasi optimal untuk bisnis kebab di Kota Tarakan. Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 3(3), 29–39.
Maulana, M. R., & Lusiani, C. E. (2023). Studi literatur: Penetapan lokasi pabrik pada pra rancangan pabrik VCO di beberapa alternatif lokasi Jawa Timur menggunakan metode factor rating. DISTILAT: Jurnal Teknologi Separasi, 9(1), 93–105. https://doi.org/10.33795/distilat.v9i1.511
Meilanitasari, P., Adetya, N. P., Prasodjo, N. P., Anargya, E. W., Wirayudha, R. A., & Erdiansyah, S. R. (2023). Penentuan lokasi urban farming dengan metode factor-rating di Kabupaten Gresik. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 3(2), 265–276. https://doi.org/10.54082/jupin.154
Ridzal, N. A., Sujana, I. W., Malik, E., Asrya, A., & Kirana, L. I. (2025). Digital marketing strategy to increase product selling prices. Room of Civil Society Development, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.59110/rcsd.476
Rosiana, D., & Cahyani, R. R. (2024). Strategi pemilihan lokasi usaha yang optimal dan strategis untuk keberhasilan bisnis bagi para perintis usaha. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis dan Digital (JIMaKeBiDi), 1(2), 114–121. https://ejournal.arimbi.or.id/index.php/JIMaKeBiDi/article/view/80
Silalahi, M., Sisca, S., Putri, D. E., Putra, H. S., Arshandy, E., & Silaen, M. F. (2025). Penguatan SDM dan literasi keuangan untuk inovasi produk UMKM Berkah Relief Pematangsiantar. Room of Civil Society Development, 4(3), 532–542. https://doi.org/10.59110/rcsd.664
Sofansyah, M. F., Subchan, H. A., Firmansyah, M. D., Sulton, A., & Mustanir, F. M. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi pabrik PT. Obifood menggunakan metode factor rating. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan IV, 4(1), 1–6.
Sulaiman, A., Setiawan, M. A., Aliefta, G. N., & Maulana, M. (2021). Penentuan lokasi usaha coffeeshop menggunakan metode factor rating. Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 2(2), 134–137.
Sulistyowati, Prihananda, R., Rachman, A., & Uttungga, R. (2025). Implementasi metode simple multi attribute rating technique untuk penyeleksian calon tenaga kerja. Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika, 307–318.
Utami, A. D., & Hadita. (2023). Analisis lokasi usaha dalam meningkatkan keberhasilan bisnis butik Azqia Hijab. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(3), 354–365. https://doi.org/10.38035/jim.v2i3.435
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Nurfitria, Rani Indriani, Damar Reymoza, Wiji Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.