SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MEMUPUK MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1355Keywords:
Media Sosial, Instagram, TikTok, Bahasa InggrisAbstract
Pemanfaatan media sosial Instagram dan TikTok tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa tetapi juga dapat membangun kebiasaan belajar yang aktif, kreatif dan inovatif selama media sosial tersebut digunakan dengan bijak. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemahaman kepada siswa-siswi sekolah SMA Negeri 03 Maros terhadap penggunaan media sosial Instagram dan TikTok dalam meningkatkan minat belajar bahasa Inggris mereka. Kegiatan ini juga memberikan strategi-strategi yang dapat dilakukan siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka melalui platform Instagram dan TikTok. Dalam kegiatan ini terdapat tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan implementasi dan tahapan evaluasi. Kegiatan inipun menghasilkan respon yang positif dari para peserta, mereka berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan relevan dengan mereka sebagai siswa yang tumbuh di era digital agar dapat menggunakan media sosial dengan bijak yang mengarah pada pengembangan keterampilan dan potensi mereka khususnya di bidang bahasa Inggris. Media sosial kini bukan hanya alat hiburan, tetapi juga jembatan untuk pembelajaran yang lebih dinamis dan relevan.
Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, TikTok, Bahasa Inggris
Downloads
References
Albiladi, W. S., & Abdeen, F. H. (2021). Toward an Understanding of Social Media Use in English Teaching and Learning: English Language beyond Traditional Classrooms. Journal of Education and Practice, 12(35), 30.
Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 120–130. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.525
Chinnappan, S., Bushrah, S., Rajim, R. P., Charunin, W., & Hashim, H. (2023). Investigating the Use of Social Media as Language Learning Strategies among the Lower Secondary ESL Learners to Enhance Speaking Skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(7), 616–628.
Hairul, M. A., & Nurhayati, N. (2023). Students’ Perception on the Use of Social Media in Learning English at Tadulako University. IJEE (INDONESIAN JOURNAL OF ENGLISH EDUCATION), 10(1), Article 1.
Lim, G. F. C., Zakaria, N., Zawawi, N. A. W. A., & Sulaiman, N. A. (2023). Investigating The Roles of Social Media on Attitudes of Secondary School English Language Learners. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(3), 2155–2191.
Noviyanti, A., & Franscy. (2021). The Role of Social Media on The Student’s English Learning Achievement. Dialectical Literature and Educational Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.51714/dlejpancasakti.v6i1.48.pp.10-19
Putra, A. D., Yuhana, Y., Fathurrohman, M., & Muhyidin, A. (2023). Hasil Review Literasi—Analisa Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Era Modern. BUANA ILMU, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.36805/bi.v8i1.6005
Sari, S. M., Rosmilawati, I., & Haila, H. (2024). Pemanfaatan Konten Edukasi Bahasa Inggris pada Tiktok Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Peserta Kursus BBC Kota Serang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i1.399
Suadi, S. (2022). English Morphological Awareness of EFL University Students during Blended Learning Implementation. Pioneer: Journal of Language and Literature, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.36841/pioneer.v14i1.1660
Susanto, A. K., & Suparmi, S. (2024). Exploring EFL Students’ Perspectives: The Role of TikTok in Enhancing English Language Skills. Journal of English for Academic and Specific Purposes (JEASP), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jeasp.v7i1.26937
Tan, K. H., Rajendran, A., Muslim, N., Alias, J., & Yusof, N. A. (2022). The Potential of TikTok’s Key Features as a Pedagogical Strategy for ESL Classrooms. Sustainability, 14(24), 16876. https://doi.org/10.3390/su142416876
Tran, D. T. (2023). Tiktok’s effect on english vocabulary learning: An empirical study of English major curriculum. Revista de Gestão e Secretariado, 14(10), 18576–18592. https://doi.org/10.7769/gesec.v14i10.2869
Yi, L. (2024). Exploring Spoken English Instruction in the Post-Pandemic Landscape: Assessing Social Media’s Role, Challenges, and Prospects in China. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 32, 190–195. https://doi.org/10.54097/azx8ff34
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Fachrunnisa, Nuraeni, Sitti Aisyah, Zul Astri, Fitri Ramadhani, Andi Citra Batari, Nur Aulia Fajri Malik, Khaerun Nisa, Nurlely Anugrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.