SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MEMUPUK MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA

Authors

  • Nurul Fachrunnisa Universitas Muslim Maros
  • Nuraeni Universitas Muslim Maros
  • Sitti Aisyah Universitas Muslim Maros
  • Zul Astri Universitas Muslim Maros
  • Fitri Ramadhani Universitas Muslim Maros
  • Andi Citra Batari Universitas Muslim Maros
  • Nur Aulia Fajri Malik Universitas Muslim Maros
  • Khaerun Nisa Universitas Muslim Maros
  • Berlian Amir Universitas Muslim Maros
  • Nurlely Anugrah Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1355

Keywords:

Media Sosial, Instagram, TikTok, Bahasa Inggris

Abstract

Pemanfaatan media sosial Instagram dan TikTok tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa tetapi juga dapat membangun kebiasaan belajar yang aktif, kreatif dan inovatif selama media sosial tersebut digunakan dengan bijak. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemahaman kepada siswa-siswi sekolah SMA Negeri 03 Maros terhadap penggunaan media sosial Instagram dan TikTok dalam meningkatkan minat belajar bahasa Inggris mereka. Kegiatan ini juga memberikan strategi-strategi yang dapat dilakukan siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka melalui platform Instagram dan TikTok. Dalam kegiatan ini terdapat tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan implementasi dan tahapan evaluasi. Kegiatan inipun menghasilkan respon yang positif dari para peserta, mereka berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan relevan dengan mereka sebagai siswa yang tumbuh di era digital agar dapat menggunakan media sosial dengan bijak yang mengarah pada pengembangan keterampilan dan potensi mereka khususnya di bidang bahasa Inggris. Media sosial kini bukan hanya alat hiburan, tetapi juga jembatan untuk pembelajaran yang lebih dinamis dan relevan.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, TikTok, Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albiladi, W. S., & Abdeen, F. H. (2021). Toward an Understanding of Social Media Use in English Teaching and Learning: English Language beyond Traditional Classrooms. Journal of Education and Practice, 12(35), 30.

Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(01), 120–130. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i01.525

Chinnappan, S., Bushrah, S., Rajim, R. P., Charunin, W., & Hashim, H. (2023). Investigating the Use of Social Media as Language Learning Strategies among the Lower Secondary ESL Learners to Enhance Speaking Skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(7), 616–628.

Hairul, M. A., & Nurhayati, N. (2023). Students’ Perception on the Use of Social Media in Learning English at Tadulako University. IJEE (INDONESIAN JOURNAL OF ENGLISH EDUCATION), 10(1), Article 1.

Lim, G. F. C., Zakaria, N., Zawawi, N. A. W. A., & Sulaiman, N. A. (2023). Investigating The Roles of Social Media on Attitudes of Secondary School English Language Learners. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(3), 2155–2191.

Noviyanti, A., & Franscy. (2021). The Role of Social Media on The Student’s English Learning Achievement. Dialectical Literature and Educational Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.51714/dlejpancasakti.v6i1.48.pp.10-19

Putra, A. D., Yuhana, Y., Fathurrohman, M., & Muhyidin, A. (2023). Hasil Review Literasi—Analisa Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Era Modern. BUANA ILMU, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.36805/bi.v8i1.6005

Sari, S. M., Rosmilawati, I., & Haila, H. (2024). Pemanfaatan Konten Edukasi Bahasa Inggris pada Tiktok Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Peserta Kursus BBC Kota Serang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.26874/jakw.v5i1.399

Suadi, S. (2022). English Morphological Awareness of EFL University Students during Blended Learning Implementation. Pioneer: Journal of Language and Literature, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.36841/pioneer.v14i1.1660

Susanto, A. K., & Suparmi, S. (2024). Exploring EFL Students’ Perspectives: The Role of TikTok in Enhancing English Language Skills. Journal of English for Academic and Specific Purposes (JEASP), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jeasp.v7i1.26937

Tan, K. H., Rajendran, A., Muslim, N., Alias, J., & Yusof, N. A. (2022). The Potential of TikTok’s Key Features as a Pedagogical Strategy for ESL Classrooms. Sustainability, 14(24), 16876. https://doi.org/10.3390/su142416876

Tran, D. T. (2023). Tiktok’s effect on english vocabulary learning: An empirical study of English major curriculum. Revista de Gestão e Secretariado, 14(10), 18576–18592. https://doi.org/10.7769/gesec.v14i10.2869

Yi, L. (2024). Exploring Spoken English Instruction in the Post-Pandemic Landscape: Assessing Social Media’s Role, Challenges, and Prospects in China. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 32, 190–195. https://doi.org/10.54097/azx8ff34

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Fachrunnisa, N., Nuraeni, Sitti Aisyah, Astri, Z., Ramadhani, F., Batari, A. C., Malik, N. A. F., Nisa, K. ., Amir, B., & Anugrah, N. (2024). SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MEMUPUK MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 109 - 116. https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1355