PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LEARNING APPS SMP NEGERI 1 DUHIADAA

Authors

  • Pratiwi Samad Universitas Pohuwato, Marisa,Indonesia
  • Nursyaida Universitas Pohuwato, Marisa,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1316

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Learning Apps,, Duolingo & Quizwhizzer

Abstract

Pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan aplikasi Duolingo dan Quizwhizzer bagi siswa SMP Negeri 1 Duhiadaa menjadi fokus utama dalam program pengabdian ini. Kesulitan siswa dalam merespon pertanyaan dan mengungkapan ide dalam bahasa inggris menjadi permasalahan yang harus diberikan penyelesaian dan solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris, terutama dalam penggunaan dan penguasaan kosa kata. Penelitian ini menerapkan metode Gamification Based learning, dengan instrumen berupa wawancara yang didistribusikan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Duhiadaa. Melalui Teknik purposive sampling, siswa dengan jumlah 30 orang dipilih menjadi sampel pada pengabdian ini. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosa kata, peningkatan berbicara dalam menggunakan Bahasa Inggris, serta tingginya minat dan motivasi mitra dalam berpartisipasi aktif pada pembelajaran melalui aplikasi Duolingo dan Quizwhizzer. Selain itu, partisipasi siswa semakin aktif dalam proses pembelajaran melalui bertanya, menjawab, merespon percakapan, mendeskripsikan cerita dan menuliskan kegiatan sehari hari menggunakan kalimat Bahasa inggris. Siswa berharap dapat menerima pembelajaran Bahasa inggris menggunakan metode berbasi teknologi agar mereka lebih mudah memahami dan menerapkan penggunaan Bahasa inggris dengan tepat dan lancar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Audina, L., Rostikawati, T., & Gani, R. A. (2022). Pengembangan Media Game Interaktif Elektronik Berbasis Quizwhizzer pada Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1996. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9212

Faijah, N., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Students’ Responses to QuizWhizzer Educational Game to Strengthen Mathematical Concept Understanding Ability. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(2), 94–104. https://doi.org/10.51178/jetl.v4i2.503

Irzawati, I. (2023). The Integration of Duolingo into EFL Learning. Esteem Journal of English Education Study Programme, 6(2), 328-337. https://doi.org/10.31851/esteem.v6i2.12317

Lim, T. M., & Yunus, M. M. (2021). Teachers’ perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13116436

Nurhidayat, E., Mujiyanto, J., Yuliasri, I., & Hartono, R. (2024). Technology integration and teachers’ competency in the development of 21st-century learning in EFL classroom. Journal of Education and Learning, 18(2), 342-349. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i2.21069

Paris, N., K, A., & Samad, P. (2023). Teaching English for Management Students. Does Technology Essential? Eduvelop: Journal of English Education and Development, 7(1), 42-51. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v7i1.3043

Samad, P. (2021). Using Flashcards to Improve Students’ Vocabulary Mastery in SD Hafizh Al-Qurbah Parepare. Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 2(2), 64-72

Samad, P., & Munir, F. S. (2022). The Utilizing of Mentimeter Platform in Enhancing the EFL Students’ English Skills in Digital Era. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1645-1650. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4380

Sandoval, S., & Lamb, J. A. (2023). Gamification: The Experiences of International Baccalaureate (IB) Teachers shared. International Journal of Technology in Education, 6(2), 187-202. https://doi.org/10.46328/ijte.375

Shortt, M., Tilak, S., Kuznetcova, I., Martens, B., & Akinkuolie, B. (2023). Gamification in mobile-assisted language learning: a systematic review of Duolingo literature from public release of 2012 to early 2020. Computer Assisted Language Learning, 36(3), 517-554. https://doi.org/10.1080/09588221.2021.1933540

Simamora & Oktaviani, 2020. (2020). A Strategy of English Education Students to Improve English Vocabulary. Journal of English Language Teaching and Learning (JELTL), 1(2).

Surdyanto, A., & Kurniawan, W. (2020). Developing critical reading module using integrated learning content and language approach. Studies in English Language and Education, 7(1), 164-169. https://doi.org/10.24815/siele.v7i1.15098

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Samad, P., & Nursyaida. (2024). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LEARNING APPS SMP NEGERI 1 DUHIADAA. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 98-108. https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1316