MENINGKATKAN KEMAMPUAN BANTU DIRI MENCUCI RAMBUT ANAK AUTIS DENGAN METODE ABA DI WISMA PATMOS BAWAH
DOI:
https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1250Keywords:
Bantu Diri, Anak Autis, Metode ABAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan self-help anak autis khususnya keterampilan mencuci rambut dengan menggunakan metode ABA (Applied Behavior Analysis) di Wisma Patmos Bawah. Penelitian tersebut menggunakan pengamatan langsung terhadap perilaku anak dan memberikan pelatihan terstruktur yang intensif dan konsisten untuk mengembangkan kebiasaan yang diinginkan. Observasi digunakan untuk memantau respon dan perkembangan anak selama intervensi, yang kemudian digunakan sebagai dasar untuk mengadaptasi pelatihan agar lebih efektif. Observasi terfokus memastikan bahwa setiap perubahan atau kemajuan perilaku dicatat dan dianalisis untuk mengoptimalkan intervensi. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pelatihan yang berulang dan konsisten, kemampuan self-help anak autis dapat meningkat secara signifikan. Hasil Penelitian ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa metode ABA sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan bantu diri pada anak autis
Downloads
References
Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title, 1–23.
Alfaridzi, S., & Damri, D. (2021). Pelaksanaan metode Applied Behaviour Analysis (ABA) bagi anak autisme di SLB Autisma YPPA Padang. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2290–2303. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3735/2499
ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. (2022). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title, 9(Mdcl), 356–363.
Azzuhaira, R. (2016). Meningkatkan Keterampilan Baru Diri Berpakaian Anak usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Bermain Bingkai. Jurnal KBDB, 1(3), 4.
Bahiyah, K., Yusuf, A., Kusmawati, S., Keperawatan, F., Airlangga, U., Mulyorejo, K. C., & Telp, S. (2008). METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYZE ( ABA ) MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS USIA 2-5 TAHUN ( Applied Behaviour Analyze Method Increase Social Interaction Children with Autisme , 2-5 Years Old ). Jurnal Ners, 3(1), 37–41.
Dani, R. A., Aryono, M. M., & Leylasari, H. T. (2022). Peningkatan Kemampuan Bantu Diri Pada Anak Gangguan Perkembangan Intelektual Di Desa Kedung Putri. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 8(1), 9–16. https://doi.org/10.9744/share.8.1.9-16
Denok Julianingsih, Indri Dwi Isnaini, & Mira Pradipta Ariyanti. (2023). Sosialisasi Metode Applied Behaviour Analysis (Aba) Bagi Anak Autis Di Sekolah Inklusi. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(01), 95–106. https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i01.a7287
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83
Herviani, V. K., & Sudarto, Z. (2017). Kegiatan Kolase Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis di TK. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(3), 1–13.
Hildawati. (2019). Penerapan Metode Aba (Applied Behavior Analysis) Dalam Meningkatkan Kemampuan Perilaku, Interkasi Sosial, Bahasa Dan Komunikasi Anak Autis. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 39–60. https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss2.18
Kamil, N., Sholihah, M., Kumala Dewi, U., Hadijah, H., & Zarkasih Putro, K. (2023). Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Autis: Metode Pendekatan Pembelajaran Prompting. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 211–221. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.187
Karsih, K. (2012). Meningkatkan Kemampuan Bantu Diri Anak Autistik Melalui Metode Intervensi Dan Tingkat Kecerdasan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26(XVII), 115–124. https://doi.org/10.21009/pip.262.4
Langga, F. R. W., Nefertiti, E. P., Radhiah, S., & Mutiadesi, W. P. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) pada Anak Penyandang Autisme. Prominentia Medical Journal, 4(2), 1–16. https://doi.org/10.37715/pmj.v4i2.3525
Martadi, H. (2015). Peningkatan kemampuan bina diri anak autis melalui teknik Discrete Trial Training dalam metode ABA (Applied Behavior Analysis). Widia Ortodidaktika, 4(2).
Suryono, D. (2018). Dr . Dodon Suryono. Stimulasi Aspek Perkembangan.
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46
Widyorini, E., Harjanta, G., Roswita, M. Y., Sumijati, S., Eriyani, P., Primastuti, E., … Agustina, E. (2014). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, 160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Feldalice Elmiana Leu, Maria Yulianti Goo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.