EDUKASI ANTI-BULLYING MANIFESTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI ROWOLAKU

Authors

  • Muhammad Fahmi Kamalul Ilmi Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pekalongan, Indonesia
  • Dewi Anggraeni Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1233

Keywords:

Anti-Bullying, Edukasi, Ramah Anak

Abstract

Interaksi dengan teman sebaya sering kali dapat menjadi pemicu terjadinya perilaku bullying, yang merupakan masalah serius di kalangan anak-anak usia sekolah. Bullying memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan fisik, emosional, dan kualitas hidup korban. Oleh karena itu, edukasi tentang dampak buruk bullying serta cara pencegahannya menjadi strategi penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan ramah anak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang anti-bullying kepada siswa di Sekolah Dasar Negeri Rowolaku. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa Service Learning yang melibatkan yang melibatkan 100 peserta didik. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pemaparan materi anti-bullying secara langsung kepada siswa yang kemudian dilanjutkan dengan sesi ice breaking, tanya jawab, dan permainan interaktif untuk memperkuat pemahaman mereka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi anti-bullying merupakan pendekatan yang efektif dalam mendukung terciptanya sekolah ramah anak. Selain meningkatkan pemahaman siswa, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan kesadaran dan kepercayaan diri siswa dalam mengenali dan mencegah bullying di lingkungan sekolah mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Agus Laily, Nabiela Wahyudi, Noor Umam, H. M. & dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (J. Suwendi Basir, Abd Wahyudi (ed.); Vol. 2, Issue 1).

Anggraeni, D. (2021). Buku Pedoman KKN Berbasis PAR. BBC.

Anggraeni, D., Khumaedy, A., Riandita, L., Albab, U. & Sutrisno, S. (2023). PENDIDIKAN KESEHATAN MENTAL PADA ANAK DI PAUD TERPADU QURROTA’AYUN KOTA PEKALONGAN. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(9). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3115-3121

Fitria Rosmi, Pratiwi Kartikasari, Siska Yuningsih & Luciana Anggraeni. (2023). Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6 SE-Articles), 84–101. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i5.1096

Fitria, V. & Anggraeni, D. (2023). PEMBUATAN KERUPUK SEBLAK KERING UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN WIRAUSAHA ANAK REMAJA DI DESA KEMPLONG. Jurnal Abdimas Iqtishadia, 1(2). https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/iqtis/issue/view/1449

Handayani, Y., Maryanto & Miyono, N. (2023). IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK PROGRAM ANTI BULLYING DI SMA NEGERI 1 KENDAL. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2 SE-Articles), 4151–4165. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1087

Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W. & Paramita, P. (2024). LITERATURE REVIEW: MODEL EDUKASI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING UNTUK SEKOLAH. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1 SE-Articles), 826–834. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25398

Perdana, D. Y., Yusitarini, A., Istighfari, N. U. & Triantoro Safaria. (2023). Edukasi Membangun Kesadaran Anti-Bullying di Sekolah pada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(3 SE-Articles), 186–198. https://doi.org/10.54066/jkb.v1i3.590

Putra, Y. B. S. (2022). TRAINING DAN EDUKASI ANTI – BULLYING SISWA DI SEKOLAH SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI NILAI HAK ASASI MANUSIA (HAM). https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/zs2nw

Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., Nasihatin, S. S., Erlangga, S. A., Anisahab, A. & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265

Reza Maharani Putri Tizaka & Hasan Ismail. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Surabaya: Studi pada SDN KEDUNGDORO V dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Bebas Kekerasan Fisik dan Bullying. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(6 SE-Articles), 218–232. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i6.1092

Ulfatun, T., Santosa, W. P., Presganachya, F. & Zsa-Zsadilla, C. A. (2021). EDUKASI ANTI BULLYING BAGI GURU DAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH BUTUH PURWOREJO. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4260

Widyaningtyas, R. & Rochman Hadi Mustofa. (2023). Implementasi Kebijakan Anti-Bullying Sekolah Adipangastuti di SMAN 1 Surakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01 SE-Articles), 533–548. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5489

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Muhammad Fahmi Kamalul Ilmi, & Anggraeni, D. (2024). EDUKASI ANTI-BULLYING MANIFESTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI ROWOLAKU. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60-69. https://doi.org/10.53491/numbay.v2i2.1233