STRATEGI EFEKTIF PENANAMAN MODERASI BERAGAMA MELALUI TALKSHOW DAN PODCAST PADA SISWA MA ALMAARIF SINGOSARI

Authors

  • Muhammad Fikri Fadli Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Firdaus El Hasyim 2Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.53491/numbay.v2i1.1022

Keywords:

Moderasi Beragama, Talkshow, Generasi Muda

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi Talkshow Ramadhan Kareem (TAREEM) oleh MA Almaarif Singosari dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan, terutama dalam konteks Islam, kepada generasi muda. Dengan fokus pada memahami tantangan dalam internalisasi nilai-nilai agama Islam pada kaum muda, penelitian ini mengusulkan pendekatan menggunakan media yang menarik seperti talkshow atau podcast. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang efektivitas media baru dalam menyampaikan pesan agama kepada generasi muda Indonesia yang hidup di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, M. I., Maisarah, M., Husin, Gt. M. I., Mailita, M., Ainah, N., Yusuf, M., & Ramadhan, H. (2022). Pengabdian kepada masyarakat “Moderasi beragama untuk penguatan karakter bangsa di tingkat remaja pada SMAN 2 Martapura Kalimantan Selatan.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 62. https://doi.org/10.35931/ak.v2i2.1458

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.

Fuadah, N., Ilyassin, C., & Sari, A. M. I. P. (2022). Peningkatan literasi wakaf dan zakat di Pusat Pengelolaan Dana Sosial melalui talkshow bulan Ramadhan. Janaloka, 1(1), 19-22.

Hasan, M. (2021). Prinsip moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 110-123.

Islamy, A. (2022). Pendidikan Islam multikultural dalam indikator moderasi beragama di Indonesia. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 5(1), 48-61.

Najikh, A. H., & Zaini, M. A. (2020). Kebijakan Komisi Penyiaran Indonesia terhadap konten televisi edisi Ramadhan. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(1), 24-34.

Ramadhan, M. R. (2021). Implikasi era society 5.0 dalam menguatkan sikap moderasi beragama bagi siswa sekolah dasar. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 72-77.

Shofyan, A. (2022). Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama menuju society era 5.0. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 126-140.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Fadli, M. F., & El Hasyim, M. F. . (2024). STRATEGI EFEKTIF PENANAMAN MODERASI BERAGAMA MELALUI TALKSHOW DAN PODCAST PADA SISWA MA ALMAARIF SINGOSARI. NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19-25. https://doi.org/10.53491/numbay.v2i1.1022