STRATEGI EFEKTIF PENANAMAN MODERASI BERAGAMA MELALUI TALKSHOW DAN PODCAST PADA SISWA MA ALMAARIF SINGOSARI
DOI:
https://doi.org/10.53491/numbay.v2i1.1022Keywords:
Moderasi Beragama, Talkshow, Generasi MudaAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi implementasi Talkshow Ramadhan Kareem (TAREEM) oleh MA Almaarif Singosari dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan, terutama dalam konteks Islam, kepada generasi muda. Dengan fokus pada memahami tantangan dalam internalisasi nilai-nilai agama Islam pada kaum muda, penelitian ini mengusulkan pendekatan menggunakan media yang menarik seperti talkshow atau podcast. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang efektivitas media baru dalam menyampaikan pesan agama kepada generasi muda Indonesia yang hidup di era digital.
Downloads
References
Arief, M. I., Maisarah, M., Husin, Gt. M. I., Mailita, M., Ainah, N., Yusuf, M., & Ramadhan, H. (2022). Pengabdian kepada masyarakat “Moderasi beragama untuk penguatan karakter bangsa di tingkat remaja pada SMAN 2 Martapura Kalimantan Selatan.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 62. https://doi.org/10.35931/ak.v2i2.1458
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.
Fuadah, N., Ilyassin, C., & Sari, A. M. I. P. (2022). Peningkatan literasi wakaf dan zakat di Pusat Pengelolaan Dana Sosial melalui talkshow bulan Ramadhan. Janaloka, 1(1), 19-22.
Hasan, M. (2021). Prinsip moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 110-123.
Islamy, A. (2022). Pendidikan Islam multikultural dalam indikator moderasi beragama di Indonesia. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 5(1), 48-61.
Najikh, A. H., & Zaini, M. A. (2020). Kebijakan Komisi Penyiaran Indonesia terhadap konten televisi edisi Ramadhan. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(1), 24-34.
Ramadhan, M. R. (2021). Implikasi era society 5.0 dalam menguatkan sikap moderasi beragama bagi siswa sekolah dasar. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 72-77.
Shofyan, A. (2022). Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama menuju society era 5.0. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 126-140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Fikri Fadli, Muhammad Firdaus El Hasyim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
NUMBAY: Jurnal Pengabdian Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.