PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH JAYAPURA TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v1i2.57Keywords:
Cara Belajar, Matematika, Prestasi Belajar MatematikaAbstract
Cara belajar matematika yang kurang efektif dapat berdampak pada prestasi belajar matematika yang kurang baik. Maka, setiap peserta didik harus mengetahui cara belajar yang efektif dan menerapkannya agar prestasi belajar matematika nantinya lebih baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode survey. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 peserta didik. Uji coba angket cara belajar matematika diperoleh 35 item pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,85. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Jayapura Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis regresi maka pertama diperoleh hasil nilai sebesar (7,83) lebih besar dari nilai (1,69) dan ditunjukkan dari nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Dimana Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Jayapura. Kedua, nilai R square () sebesar 0,66. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh cara belajar matematika terhadap pestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Jayapura sebesar 66%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.