Strategi Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam Kota Samarinda

Authors

  • Debby Riana Hairani IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v3i1.467

Keywords:

kemampuan kognitif, anak usia dini

Abstract

Masa kanak – kanak merupakan masa keemasan dalam periode kehidupan, dimasa inilah tiap- tiap aspek perkembangan pada Anak dikembangkan,ada berbagai aspek pengembangan kemampuan pada anak salah satunya ialah pengembangan kemampuan kognitif. Taman kanak –kanak (TK) merupakan salah satu lembaga pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitif kemampuan kognitif anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana Strategi pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Islam Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan Deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan berbagai Teknik pengumpulam data yakni dengan wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi pengembangan Kemampuan kognitif di TK Islam Kota Samarinda dilakukan dengan menggunkan Metode dan Model pembelajaran yang beragam yakni Tanya jawab, Bermain, Bereksperimen, Demonstrasi, Bernyanyi, Dan Karyawisata yang disesuaikan dengan perencanaan program yang dilakukan diawal tahun pembelajaran serta disesuaikan dengan visi dan misi lembaga masing – masing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Hairani, D. R. (2023). Strategi Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam Kota Samarinda. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 3(1), 58-68. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v3i1.467