PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-MUTTAQIN BUPER JAYAPURA

Authors

  • Binti Khotimah IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Dewi Nofrita IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Nining Puji Lestari IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v1i2.44

Keywords:

Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya motivasi belajar dan minat belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik serta tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Al-Muttaqin Buper Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Al-Muttaqin Buper Jayapura yang berjumlah 82 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket motivasi dan minat serta tes hasil belajar peserta didik yang telah divalidasi oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh ; (2) ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh ; (3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh   >  . Besar sumbangan motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik sebesar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Khotimah, B., Nofrita, D., & Lestari, N. P. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS AL-MUTTAQIN BUPER JAYAPURA. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 1(2), 28-35. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v1i2.44

Issue

Section

Articles