Penerapan Sistem Tugas dan Evaluasi (situasi) Sebagai Media Pembelajaran Daring Jurusan Musik Gereja STAKPN Sentani
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.294Keywords:
Media pembelajaran, moodle, penelitian pengembangan, ADDIE, SITUASIAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk Sistem Tugas dan Evaluasi (SITUASI) pada mahasiswa semester III kelas A & B Jurusan Musik Gereja di STAKPN Sentani yang menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi konten, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, mahasiswa perorangan, mahasiswa kelompok kecil, dan mahasiswa dalam uji coba lapangan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah SITUASI berbasis MOODLE dan hasil belajar mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, kuesioner, dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk e-learning untuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dan telah valid untuk digunakan. Hasil analisis statistik inferensial uji-t menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gusti Nyoman Pardomuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.