Analisis Kreativitas Siswa Kelas VIII MTs Istikmalunnajah Pasongsongan Dalam Menyelesaikan Masalah Luas Lingkaran Ditinjau Dari Jenis Kelamin
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i1.222Keywords:
Kreativitas, Kreatif, FenomenologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas siswa laki-laki dan kreativitas siswa perempuan kelas VIII MTs Istikmalunnajah Pasongsongan dalam menyelesaikan masalah luas lingkaran tahun pelajaran 2020/2021. Indikator-indikator kreativitas pada penelitian ini meliputi tiga indikator yaitu, indikator kefasihan, kefleksibelan dan kebaruan. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas VIII MTs Istikmalunnajah yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yakni mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Subjek Siswa Perempuan (SSL) kreativitas dalam menyelesaikan masalah luas lingkarannya meliputi indikator kefasihan saja. Sedangkan Subjek Siswa Laki-laki (SSL) meliputi indikator kefasihan dan indikator kefleksibelan. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas SSP berada pada tingkatan yang kurang kreatif dan tingkatan kreativitas SSL berada pada tingkatan yang cukup kreatif
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muslimatul Umah Helmi, Lilis Mariyatul Fitriyah, Nur Fitriyah Indraswari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.