Analisis Kreativitas Siswa Kelas VIII MTs Istikmalunnajah Pasongsongan Dalam Menyelesaikan Masalah Luas Lingkaran Ditinjau Dari Jenis Kelamin

Authors

  • Muslimatul Umah Helmi STKIP PGRI Sumenep
  • Lilis Mariyatul Fitriyah STKIP PGRI Sumenep
  • Nur Fitriyah Indraswari STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i1.222

Keywords:

Kreativitas, Kreatif, Fenomenologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas siswa laki-laki dan kreativitas siswa perempuan kelas VIII MTs Istikmalunnajah Pasongsongan dalam menyelesaikan masalah luas lingkaran tahun pelajaran 2020/2021. Indikator-indikator kreativitas pada penelitian ini meliputi tiga indikator yaitu, indikator kefasihan, kefleksibelan dan kebaruan. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas VIII MTs Istikmalunnajah yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yakni mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Subjek Siswa Perempuan (SSL) kreativitas dalam menyelesaikan masalah luas lingkarannya meliputi indikator kefasihan saja. Sedangkan Subjek Siswa Laki-laki (SSL) meliputi indikator kefasihan dan indikator kefleksibelan. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas SSP berada pada tingkatan yang kurang kreatif dan tingkatan kreativitas SSL berada pada tingkatan yang cukup kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Helmi, M. U., Fitriyah, L. M., & Indraswari, N. F. (2022). Analisis Kreativitas Siswa Kelas VIII MTs Istikmalunnajah Pasongsongan Dalam Menyelesaikan Masalah Luas Lingkaran Ditinjau Dari Jenis Kelamin. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(1), 38-43. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i1.222