Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Kids All In One English Terhadap Perkembangan Bahasa Inggris Awal Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Armina M Universitas Tadulako
  • Wisman Wisman Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Idham Asfar Universitas Muhammadiyah Palu

DOI:

https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v5i2.1738

Keywords:

media pembelajaran, Kids All in One English, bahasa Inggris awal, anak usia dini, teknologi edukatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi edukatif Kids All in One English sebagai media pembelajaran terhadap perkembangan bahasa Inggris awal anak usia 5–6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (menggunakan aplikasi Kids All in One English) dan kelompok kontrol (menggunakan metode konvensional). Instrumen yang digunakan meliputi tes kosakata sederhana, observasi kemampuan menyimak dan berbicara. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris awal anak pada kelompok eksperimen. Aplikasi Kids All in One English terbukti mampu menjadi media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

M, A., Wisman, W., & Asfar, M. I. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Kids All In One English Terhadap Perkembangan Bahasa Inggris Awal Anak Usia 5-6 Tahun. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 5(2), 40-47. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v5i2.1738

Issue

Section

Articles