Implementasi Penanaman Nilai Budi Pekerti pada Usia Dini Di TKIT Insan Madani Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v5i2.1694Keywords:
Nilai Budi Pekerti, Anak Usia Dini, KarakterAbstract
Fokus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai budi pekerti pada anak usia dini di kelas B TKIT Insan Madani. Penanaman nilai budi pekerti pada anak di TKIT Insan Madani Merupakan Upaya untuk membentuk generasi yang memiliki karakter dan kerpribadian yang terpuji baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah dan sosial. Pendidik bertanggungjawab dalam menanamkan nilai budi pekerti pada anak sekaligus menjadi teladan bagi anak didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TKIT Insan Madani, subjek penelitian meliputi kepala sekolah, staff, dan guru TKIT Insan Madani. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan penanaman nilai budi pekerti di TKIT Insan Madani sangat baik. Dalam pelaksanaannya sudah terencana dengan adanya SOP yang sudah disusun, pembiasaan, nasehat, keteladanan dan perhatian. Kendala dalam penanaman nilai budi pekerti pada anak di TKIT Insan Madani adalah anak memiliki karakter yang berbeda-beda serta kurangnya Kerjasama orang tua saat anandan dirumah. Solusi dari kendala tersebut ialah mengadakan kegiatan parenting untuk orangtua dan menginformasikan program sekolah kepada orangtua Ananda terutama program penanaman nilai budi pekerti.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmatia Gunawan Lawa, Hikrawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.