Implementasi Penanaman Nilai Budi Pekerti pada Usia Dini Di TKIT Insan Madani Kota Palopo

Authors

  • Rahmatia Gunawan Lawa Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Hikrawati

DOI:

https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v5i2.1694

Keywords:

Nilai Budi Pekerti, Anak Usia Dini, Karakter

Abstract

Fokus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai budi pekerti pada anak usia dini di kelas B TKIT Insan Madani. Penanaman nilai budi pekerti pada anak di TKIT Insan Madani Merupakan Upaya untuk membentuk generasi yang memiliki karakter dan kerpribadian yang terpuji baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah dan sosial. Pendidik bertanggungjawab dalam menanamkan nilai budi pekerti pada anak sekaligus menjadi teladan bagi anak didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TKIT Insan Madani, subjek penelitian meliputi kepala sekolah, staff, dan guru TKIT Insan Madani. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan penanaman nilai budi pekerti di TKIT Insan Madani sangat baik. Dalam pelaksanaannya sudah terencana dengan adanya SOP yang sudah disusun, pembiasaan, nasehat, keteladanan dan perhatian. Kendala dalam penanaman nilai budi pekerti pada anak di TKIT Insan Madani adalah anak memiliki karakter yang berbeda-beda serta kurangnya Kerjasama orang tua saat anandan dirumah. Solusi dari kendala tersebut ialah mengadakan kegiatan parenting untuk orangtua dan menginformasikan program sekolah kepada orangtua Ananda terutama program penanaman nilai budi pekerti.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Gunawan Lawa, R., & Hikrawati. (2025). Implementasi Penanaman Nilai Budi Pekerti pada Usia Dini Di TKIT Insan Madani Kota Palopo. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 5(2), 17-24. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v5i2.1694

Issue

Section

Articles