Pengembangan Modul Doda Idi Berbahasa Aceh: Pendamping PPRA di Madrasah Aliyah Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v5i2.1675Keywords:
Doda Idi, Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, PPRA Madrasah Aliyah, AcehAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis syair tradisional Doda Idi sebagai pendamping dalam pelaksanaan proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin (PPRA) di Madrasah Aliyah. Doda Idi, sebagai salah satu bentuk kearifan lokal Aceh, memuat nilai-nilai karakter seperti religiusitas, kasih sayang, tanggung jawab, dan nasionalisme, yang relevan dengan tujuan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE, studi ini memfokuskan pada tahap analisis kebutuhan yang melibatkan wawancara dengan guru, siswa, dan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sinabang. Hasil analisis menunjukkan belum tersedianya modul kontekstual yang mengintegrasikan Doda Idi dalam pembelajaran PPRA, serta tingginya kebutuhan dari pihak sekolah, guru, dan siswa terhadap bahan ajar berbasis budaya lokal. Modul ini diharapkan menjadi solusi strategis dalam pelestarian budaya Aceh sekaligus memperkuat pendidikan karakter di madrasah melalui pendekatan konstruktivis yang kontekstual dan bermakna.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mesi Rawanita, Zulfatmi Zulfatmi, Hayati Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.