Pengembangan Media Manipulatif Ramah Lingkungan Pada Perkalian Bilangan Bulat dan Nilai Tempat
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i1.128Keywords:
Perkalian, Nilai Tempat, Media ManipulatifAbstract
Perkalian adalah salah satu konsep matematika yang penting dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Konsep perkalian juga tidak terlepas dari konsep nilai tenpat. Keduanya saling berkaitan sehimgga bisa diajarkan secara bersama. Salah satu usaha untuk menanamkan konsep perkalian dan nilai tempat adalah dengan menggunakan media manipulatif. Media manipulatif merupakan sarana pembelajaran yang dapat dibalik, dipotong, digeser, dipindahkan, digambar, dipilah atau dikelompokkan. Media manipulatif digunakan karena sesuai dengan tugas perkembangan siswa sekolah dasar. Tahap perkembangan kognitif siswa sekolah dasar menurut Piaget berada pada operasional konkret. Oleh karena itu, pembelajaran sudah seharusnya melibatkan siswa untuk melakukan kegiatan untuk memahamkan suatu konsep.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang betujuan untuk menghasilkan media manipulatif ramah lingkungan pada perkalian bilangan bulat dan nilai tempat. Pengembangan ini menggunakan langkah-langkah pengembangan Plomp. Langkah pengembangan Plomp terdiri dari 4 tahap, diantaranya (1) Tahap Investigasi, yaitu menganalisis kebutuhan (2) Tahap Perencanaan, (3) Tahap Realisasi dan (4) Tahap Tes, Evaluasi, dan Revisi. Namun, karena adanya keterbatasan waktu dan tempat, penelitian ini di batasi sampai tahap ketiga, yaitu tahap realiasi.
Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media manipulatif perkalian dan nilai tempat. Media ini terbuat dari bahan ramah lingkungan yang banyak dibuang begitu saja yaitu tutup botol. Tutup botol berisi angka dan memiliki warna yang berbeda-beda untuk setiap nilai tempatnya. Hal ini dilakukan agar siswa meyadari bahwa pembelajaran tentang nilai tempat berkaitan dengan pembelajaran perkalian sehingga membentuk konsep bahwa keduanya adalah dua hal yang saling berkaitan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syahril Syahril, Wulida Arina Najwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.