Pengaruh Diterapkannya Kurikulum Merdeka terhadap Motivasi Belajar Literasi dan Numerasi Peserta Didik Paket C di PKBM Budi Utama Surabaya

Authors

  • Muhammad Agus Sulaiman Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/jumpis.v1i1.555

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar, Literasi, Numerasi, Paket C

Abstract

Uji korelasi Pearson Correlation kepada pengaruh diterapkannya kurikulum merdeka yang berdampak pada motivasi belajar literasi peserta didik dengan nilai r adalah 0,395 bahwa hal tersebut mengartikan adanya hubungan pengaruh terhadap kedua variabel dengan interpretasi yang rendah pengaruh diterapkannya kurikulum ini terhadap motivasi belajar literasi dengan membandingkan nila r hitung > r tabel. Lalu nilai r hitung 0,395 > r tabel 0,294 dengan df=N-k nilai distribusi 43, dari hasil itu diketahui adanya nilai r hitung lebih besar daripada r tabel maka dari itu hipotesis nihil (H0) yang menerangkan tidak ada hubungan pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar literasi ditolak dan (H1) diterima yang menerangkan ada hubungan korelasi penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar literasi. Pada uji korelasi Pearson Correlation pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar numerasi dengan nilai r hitung adalah 0,410 yang menerangkan bahwa ada korelasi dengan kategori cukup tinggi tentang penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar numerasi. Kemudian nilai r hitung 0,410 > r tabel 0,294 dengan df=N-k nilai distribusi 43, dari hasil itu diketahui adanya nilai r hitung lebih besar daripada r tabel maka hipotesis nihil (H0) bahwa tidak ada pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar numerasi ditolak dan (H1) diterima, hal itu menunjukkan adanya korelasi penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar numerasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsubaie, M. A. (2016). Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107. https://doi.org/2222-288X

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Dewey, J. (2008). Democracy and Education. In Schools (Vol. 5, Issue 1/2). https://doi.org/10.1086/591813

Herzberg, F. (2007). One More Time : Herzberg ‟ S Theory of Work Motivation (Vol. 24138, Issue 540, p. 26).

Maslow, A. (2017). A Theory of Human Motivation. In A Theory of Human Motivation (Issue August, pp. 1–87). https://doi.org/10.4324/9781912282517

Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1973

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Siti Baroah. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. 4(1), 1063–1073. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Vermonte, Phillips et al. (2021). Indonesia Menuju 2045 Mencapai Kemajuan Ekonomi Berbasis Inovasi dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kompas Gramedia.

Downloads

Published

2023-12-29