ANALISIS SENTIMEN TWITTER PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KASUS: SISTEM BSI DOWN)
DOI:
https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v4i2.894Keywords:
Sentimen, Twitter, Bank Syariah IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis sentimen twitter terkait sistem BSI down. Metode penelitian ini menggunakan analisis text mining dengan melakukan ekstraksi data statistik dan web-sraping melalui software R Studios, setelah itu melakukan pre-processing dan pembersihan data, lalu melakukan visusalisasi dari hasil tersebut. Hasilnya menunjukan bahwa sampel tweet sebagian besar mengandung sentimen positif dan emosi kepercayaan (trust). Temuan ini membantu menjelaskan bagaimana pembelajaran algoritma dapat digunakan untuk mengukur teori emosi untuk memahami implikasi sosial dari fenomena BSI down. Artinya, sentimen positif ditemukan dapat menggambarkan fenomena yang terjadi akhir ini.
Downloads
References
Hassan, M. K., Hudaefi, F. A., & Caraka, R. E. (2022). Mining netizen’s opinion on cryptocurrency: sentiment analysis of Twitter data. Studies in Economics and Finance, 39(3), 365–385. https://doi.org/10.1108/SEF-06-2021-0237
Hudaefi, F. A., & Badeges, A. M. (2022). Maqāṣid al-Sharī‘ah on Islamic banking performance in Indonesia: a knowledge discovery via text mining. Journal of Islamic Marketing, 13(10), 2069–2089. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2020-0081
Hudaefi, F. A., Caraka, R. E., & Wahid, H. (2022). Zakat administration in times of COVID-19 pandemic in Indonesia: a knowledge discovery via text mining. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 15(2), 271–286. https://doi.org/10.1108/IMEFM-05-2020-0250
Ahmad, M. (2022). Peran Strategis Lembaga Keuangan Syariah Bagi Umkm Dalam Mewujudkan Pembangunan Ekonomi. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(4), 1–18.
Budiono, A. (2017). Penerapan Prinsip Syariah Pada Lembaga Keuangan Syariah. Law and Justice, 2(1), 54–65. https://doi.org/10.23917/laj.v2i1.4337
Dzikra, R. D. M. dan A. (2017). ISLAM DAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. AL-INTAJ, 3(1). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj/article/view/1577/1353
Masruron, M., & Safitri, N. A. A. (2021). Analisis Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Al Birru: Jurnal Keuangan Dan …, I(1), 1–20. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/albirru/article/view/525
Muheramtohadi, S. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. MUQTASID Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 95. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.95-113
Nurjanah, N., Purnama, N. S., Studi, P., Syariah, K., Teknologi, I., Bisnis, D., & Dahlan, A. (2023). Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah dan Kondisi Makro Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 346–357. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7985DOI:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7985
Sobarna, N. (2021). Analisis Perbedaan Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional. Eco-Iqtishodi : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 51–62. https://doi.org/10.32670/ecoiqtishodi.v3i1.665
Sulistiyaningsih, N., & Thanul, S. (2021). Potensi Bank Syariah Indonesia ( BSI ) dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Nasional. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaruan Hukum Islam, 24(1), 37–38. http://jurnalfsh.uinsby.ac.id/index.php/qanun/article/view/1226
Supriyadi, A. (2018). Bank Syariah Dalam Perspektif Filosofis,Yuridis Dan Sosiologis Bangsa Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.21043/malia.v1i1.3980
Syauqoti, M. and R. G. (2018). ANALISIS SISTEM LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DAN LEMBAGA KEUANGAN KONVENSIONAL. IQTISHODUNA, 14(1). https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/4820/pdf
Ulfa, A. (2021). Dampak Penggabungan Tiga Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1101–1106. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2680
Wuryasti, F. (2023). Sistem BSI Down, Ancaman Serangan Siber dengan Malware Makin Serius. https://mediaindonesia.com
Pressgrove, G., McKeever, B. W., & Jang, S. M. (2018). What is Contagious? Exploring why content goes viral on Twitter: A case study of the ALS Ice Bucket Challenge. International Journal of Nonprofit and Voluntary Sector Marketing, 23(1), e1586
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.