Potensi Dana Zakat dalam Meningkatkan Penawaran Produk Mustahik

Authors

  • Nani UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Efi Syarifudin UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Anggita Nurcahyani UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v4i1.665

Keywords:

Zakat, Penawaran, Subsidi Input

Abstract

Zakat bukan hanya dapat disalurkan secara karitatif namun juga memiliki potensi pada pemberdayaan masyarakat. Salah satu pemberdayaan yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan produktivitas mustahik melalui pemberian subsidi input Lantas, bagaimana subsidi input zakat berpotensi menurunkan biaya produksi dan meningkatkan penawaran produk mustahik? Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan potensi zakat dalam mengurangi biaya produksi yang mempengaruhi penawaran barang. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan. Secara konseptual terdapat empat model pemberdayaan zakat, yaitu konsumtif tradisional, konsumtif kreatif, produktif konvensional, dan produktif kreatif. Kajian secara teoritis mengkaji dampak prospektif zakat terhadap output bisnis. Untuk memastikan bahwa mustahiq menerima subsidi biaya produksi dari zakat, mereka dapat menawarkan produk yang paling kompetitif. Sehingga kedepannya usahanya dapat memenuhi kebutuhan hidup dan tidak bergantung pada kompensasi dana zakat yang diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Askari, H., & Mirakhor, A. (2017). Ideal Islamic Economy; An Introduction. palgrave macmillan.

Batubara, H. (2013). Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing pada Pembuatan Etalase Kaca dan Alumunium di UD. Istana Alumunium Manado. Jurnal EMBA, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2073

Dg. Mustafa, M. (2021). Peningkatan Ekonomi Umat Melalui Zakat Profesi dan Zakat Produktif. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah dan Hukum, 15(1), 1–25. https://doi.org/10.24239/blc.v15i1.700

Fattach, A. (2017). Teori Permintaan dan Penawaran Dalam Ekonomi Islam. 3, 10. https://doi.org/10.30736/jpim.v7i3.1240

Febriyanti, A. (2022). Konsep Biaya Pada Ekonomi Islam Serta Implementasinya Dalam Aspek Penawaran. KASBANA : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 032–044. https://doi.org/10.53948/kasbana.v2i2.51

Fitri, M. (2017). Pengelolaan Zakat Produktif sebagai Instrumen Peningkatan Kesejahteraan Umat. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 149–173. https://doi.org/10.21580/economica.2017.8.1.1830

Fitria, T. N. (2016). Kontribusi Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03). https://doi.org/10.29040/jiei.v2i03.3

Hafid, A. (2015). KONSEP PENAWARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. 1(2), JEBIS.

Ibrahim, Z. (2017). Pengantar Ekonomi Mikro. Media Madani.

Kasdi, A. (2016). Permintaan dan Penawaran dalam Mempengaruhi Pasar (Studi Kasus di Pasar Bintoro Demak). BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(2). https://doi.org/10.21043/bisnis.v4i2.2688

Kemenkeu RI. (2021). Indonesia & Presidensi G20 2022. Artikel DJKN. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/14413/Indonesia-Presidensi-G20-2022.html

Lasena, S. R. (2013). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Pada PT. Dimembe Nyiur Agripro. Jurnal EMBA, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1864

Latifah, U. (2019). Tinjauan Praktik Zakat Produktif Di Lazismu Jepara Dalam Perspektif Hukum Islam. ISTI’DAL; Jurnal Studi Hukum Islam, 6(1), 89–99. https://doi.org/10.34001/istidal.v6i1.1373

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Askari, H., & Mirakhor, A. (2017). Ideal Islamic Economy; An Introduction. palgrave macmillan.

Batubara, H. (2013). Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing pada Pembuatan Etalase Kaca dan Alumunium di UD. Istana Alumunium Manado. Jurnal EMBA, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2073

Dg. Mustafa, M. (2021). Peningkatan Ekonomi Umat Melalui Zakat Profesi dan Zakat Produktif. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah dan Hukum, 15(1), 1–25. https://doi.org/10.24239/blc.v15i1.700

Fattach, A. (2017). Teori Permintaan dan Penawaran Dalam Ekonomi Islam. 3, 10. https://doi.org/10.30736/jpim.v7i3.1240

Febriyanti, A. (2022). Konsep Biaya Pada Ekonomi Islam Serta Implementasinya Dalam Aspek Penawaran. KASBANA : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 032–044. https://doi.org/10.53948/kasbana.v2i2.51

Fitri, M. (2017). Pengelolaan Zakat Produktif sebagai Instrumen Peningkatan Kesejahteraan Umat. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 149–173. https://doi.org/10.21580/economica.2017.8.1.1830

Fitria, T. N. (2016). Kontribusi Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03). https://doi.org/10.29040/jiei.v2i03.3

Hafid, A. (2015). KONSEP PENAWARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. 1(2), JEBIS.

Ibrahim, Z. (2017). Pengantar Ekonomi Mikro. Media Madani.

Kasdi, A. (2016). Permintaan dan Penawaran dalam Mempengaruhi Pasar (Studi Kasus di Pasar Bintoro Demak). BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(2). https://doi.org/10.21043/bisnis.v4i2.2688

Kemenkeu RI. (2021). Indonesia & Presidensi G20 2022. Artikel DJKN. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/14413/Indonesia-Presidensi-G20-2022.html

Lasena, S. R. (2013). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Pada PT. Dimembe Nyiur Agripro. Jurnal EMBA, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1864

Latifah, U. (2019). Tinjauan Praktik Zakat Produktif Di Lazismu Jepara Dalam Perspektif Hukum Islam. ISTI’DAL; Jurnal Studi Hukum Islam, 6(1), 89–99. https://doi.org/10.34001/istidal.v6i1.1373

Marentek, T. K. W. Y., & Febryiantoro, M. T. (2018). Penentuan Fungsi Linear yang Ideal Pada Model Ekonomi Fungsi Penawaran. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 11–24. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.153

Medias, F. (2018). Ekonomi Mikro Islam. UNIMMA PRESS.

Muawanah. (2017). Permintaan dan Penawaran Dalam Islam. AL-‘ADALAH: Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 2(2), 111–127. https://doi.org/10.31538/adlh.v2i2.420

Rahardja, P., & Manurung, M. (2006). Teori Ekonomi Mikro; Suatu Pengantar. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Setiadi, P., Saerang, D. P. E., & Runtu, T. (2014). PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PADA CV. MINAHASA MANTAP PERKASA. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(2).

Sholihah, Q. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. UB Press.

Syarifudin, E. (2007). Pemberdayaan Dana Zakat Bagi Fakir Miskin. Al-Ahkam, 2(2).

Syarifudin, E., Fadhil, A., & Nurcahyani, A. (2020). Social Fund Distribution Forms by Zakat Institutions in Banten. Tsarwah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1).

Tripp, C. (2006). Islam and the Moral Economy; The Challenge of Capitalism. Cambridge University Press.

Zalikha, S. (2016). Pendistribusian Zakat Produktif Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 15(2), 304. https://doi.org/10.22373/jiif.v15i2.547

Zulfi, Y. (2019). Teori Penawaran Islami. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah, 1(2), 275–285. https://doi.org/10.15575/aksy.v1i2.5562

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Nani, N., Syarifudin, E. ., & Nurcahyani, A. (2023). Potensi Dana Zakat dalam Meningkatkan Penawaran Produk Mustahik. EL MUDHORIB: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(1), 39-51. https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v4i1.665