Model Bisnis Pada Inovasi Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah Dengan Model Canvas

Authors

  • Novieati Dwi Lestari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Indah Karunia Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • M. Taufik Hidayat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v4i1.663

Keywords:

Inovasi produk, pegadaian syariah, tabungan emas

Abstract

Faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih tabungan emas yaitu kualitas pelayanan, lokasi, biaya administrasi yang ringan serta pengelolaan secara transparan. Ditinjau dari pengaruh minat nasabah dalam memilih produk tabungan emas yang sangat mudah dalam implementasinya atau operasionalnya, Namun realitanya dari segi laporan keuangan Pegadaian pada 3 tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup signifikan ada 3 tahun terakhir peroleh peminat produk Emasku pada pegadaian mengalami perkembangan fluktuatif. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui inovasi produk tabungan emas di pegadaian syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode penelitian cara Business Model Canvas yang terdiri atas sembilan building blocks dengan merancang model bisnis masa depan Pegadaian Syariah. Dalam pemetaan model bisnis dilakukan dengan merancang sebuah model bisnis dan inovasi baru, sehingga menghasilkan ide-ide model bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, A. (2011). Studi Komparasi Aplikasi Gadai Emas Serta Strategi Pengembangan Pada Bank Syariah Dan Perum Pegadaian Syariah. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. SKRIPSI, h. 1-126.

Dukungan, D. A. N., & Rongiyati, S. (2022). Regulasi Terhadap Transformasi. 372.

Gracia, H. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Kemiri Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) di Desa Mattapapole, Kecamaran Mallawa, Kabupaten Maros.

Haidah, N. (2018). Norma Hukum Ekonomi Syariah dalam Pelaksanaan Buyback Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Majalaya. ’Adliya, 12(2), 141–162.

Hariyati, F., Abdi, F., & Baining, M. E. (2020). Efektifitas Aplikasi PSDS (Pegadaian Syariah Digital Service) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, Vol. 5(1), 61–69.

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi : Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1), 82–88.

Haryanto, J. O., & Polluan, J. (2009). Inovasi Produk dan Ekspektasi Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 138–152.

Hasni, F., Hamdani, I., & Arif, S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Bogor Baru. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 195–210.

Indriasari, I. (2014). Gadai Syariah di Indonesia. 2(2), 62–72.

Lamtana, L., & Mayditri, V. (2022). Penerapan Prinsip Syariah pada Akad Rahn di Lembaga Pegadaian Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 422–440. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.397

Mokoginta, A. A., Mananeke, L., & J. Jorie, R. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Asuransi Tabungan Pada PT. Prudential Cabang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 1–16.

Ramadhani, F. S. (2016). Pengaruh Mutu Produk dan Inovasi terhadap Tingkat Daya Saing Produk Tabungan Mudharabah Pada Bank Sulsesbar Syariah Cabang Makassar.

Rikantasari, S. (2020). Pengambilan Keputusan Investasi Generasi Y dan Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah terhadap Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Babakan, Kota Surabaya.

Roficoh, L. W., & Ghozali, M. (2018). Aplikasi Akad Rahn Pada Pegadaian Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2). https://doi.org/10.30651/jms.v3i2.1736

Sari, L. A., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Studi, P., & Syariah, E. (2021). PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE DALAM ETIKA BISNIS ISLAM ( Studi Kasus : Pegadaian Syariah CPS Kebomas Gresik ). 5.

Setyaningsih, A., & Utami, S. (2013). Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 100–115.

Soleh, M. A. (2017). Analisis SWOT Pada Strategi Pemasaran Produk tabungan SUtera Mudarabah Bank BPD DIY Syariah.

Suhesti, & Samad, A. (2023). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas dalam Meningkakan Jumlah Nasabah. MARS Journal, 3(2), 182–203.

Syarifuddin, S., Yusuf, M. Y., & Yulindawati. (2019). Strategi Marketing dalam Meningkatkan Produk Tabungan Emas pada PT Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 173–184.

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Tantrian, D. (2018). Business Model Canvas Simpanan Kencleng Koperasi Syariah Manfaat Surabaya. Seminar Nasional Dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8, 2(4), 154–169.

Wulandari, T., Rahmawati, R., & Syafaat, M. (2022). Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Zaitun di PT. BPRS Riyal Irsyadi. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 4(2), 174–192.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Dwi Lestari, N. ., Karunia Sari, I. ., & Hidayat, M. T. . (2023). Model Bisnis Pada Inovasi Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah Dengan Model Canvas. EL MUDHORIB: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(1), 26-38. https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v4i1.663