ANALISIS HARGA SUATU BARANG DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i2.101Keywords:
Kata Kunci : Harga, Pasar, BarangAbstract
Dalam dunia perdagangan harga merupakan suatu bagian terpenting bagi seorang pedagang. karena, harga merupakan alat ukur yang dapat dijadikan sebagai patokan nilai suatu barang. dengan adanya pola distribusi barang disuatu daerah maka tingkat harga sangat mempengaruhi permintaan dan penawaran barang ditingkat konsumen. terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses penetapan suatu harga yaitu harga dari bahan baku, biaya produksi barang, biaya pemasaran produk, peraturan yang dibuat oleh pemerintah, harga produk yang sejenis dijual oleh pesaing, dan diskon bagi distributor dan konsumen. dengan kata lain harga adalah jumlah nilai tukar yang dapat disamakan dengan uang atau barang lain yang senilai dan dapat digunakan untuk mendapatkan suatu produk maupun layanan yang dibutuhkan oleh seorang konsumen. adapun tujuan dari kesepakatan harga adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.