PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN BERBASIS DARING DI MI AL MUQORROBIYAH
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.52Keywords:
aplikasi quizizz, penilaianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana langkah-langkah Aplikasi quizizz yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan penilaian berbasis daring pada pembelajaran jarak jauh di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al Muqorrobiyah kota Ngawi pada semester ganjil Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung, observasi dengan menggunakan media whatsapp, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mampu melakukan kegiatan penilaian pengetahuan siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi quizizz. Adapun langkah-langkah dalam mengaplikasikan quizizz ini cukup mudah karena sekarang bisa diakses bagi pengguna android dimanapun dan kapanpun. Dalam pelaksanaan aplikasi quizizz ini tentu ada kelemahan-kelemahan yang muncul. Namun, kelemahan yang ada dapat diminimalisir dengan berbagai kelebihan yang dimiliki aplikasi tersebut. Salah satunya melatih siswa untuk mengerjakan soal dengan jujur dan mandiri serta guru dapat lebih cepat mengetahui hasil data statistik tentang kinerja para siswa.
Downloads
References
Ihwanah, Al. (2016). Implementasi E-Learning dalam Kegiatan Pembelajaran PGMI IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Cakrawala, Vol. XI, No. 1.
F. Ahmad, (2020), “Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread Of Coronavirus Disease ( Covid-19 ),” vol. 07, no. 01.
Fuady, M. J. (2017). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Tekno, 26(2).
Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2020). Bimbingan Teknis Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Quizizz Bagi Guru Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4).
Suyasa, P. W. A., Divayana, D. G. H., Putrama, I. M., & Damayanthi, L. P. E. (2019). Pelatihan Pembuatan Tes Interaktif Dengan Aplikasi Quizizz Bagi Paea Guru Di SMPN 2 Kediri. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1).
Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
WANIAMBEY: Jurnal Pendidikan Islam dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .