FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UMKM DI WILAYAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Hamdan Naufal Azhari Universitas Jenderal Soedirman
  • Negina Kencono Putri Universitas Jenderal Soedirman
  • Irianing Suparlinah Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i2.72

Keywords:

Pendanaan, Kompetensi SDM, Orientasi Kewirausahaan, Literasi Keuangan, Kinerja UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendanaan, kompetensi SDM, orientasi kewirausahaan dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM. Jumlah responden yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 100 pelaku UMKM yang terbagi dari empat kecamatan di Wilayah Purwokerto. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel berstrata tidak proporsional. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan model regresi linier berganda menunjukkan bahwa: (1) pendanaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, (2) kompetensi SDM berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, (3) orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, (4) literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM. Implikasi dari hasilnya adalah para pelaku UMKM di Wilayah Purwokerto harus memperhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan kinerja UMKM, diantaranya: menambahkan pendanaan untuk bisnis mereka, memahami tentang produk yang dihasilkan, memiliki kemampuan dan keahlian dalam kegiatan produksinya. Pelaku UMKM juga harus memperhatikan setiap peluang yang ada dan berani mengambil risiko untuk mencoba ide-ide kreatif mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiana, I.D.K.R., I.A. Brahmayanti, Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 12. 42-55.

Brigham, Eugene F. & Joel F. Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 2 (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.

Departemen Koperasi. (2018). Daftar UMKM Seluruh Indonesia. Jakarta: Penulis. Diakses dari http://www.depkop.go.id/.

Munizu, Musran. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Universitas Hasanuddin. 12. 33-41.

Ningsih, Suci Etika. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Jember (skripsi). Tersedia dari Digital Repository Universitas Jember. (No. 87431).

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2000). Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi

Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Sari, Indra Yanti. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM Kota Makassar (skripsi). Tersedia dari Repositori UIN Alauddin Makassar. (No. 5034)

Suparlinah, Irianing et al. (2018). Entrepreneurial Orientation and Business Scale Effect on the Micro and Small Enterprises (MSEs) Performance: A Case in Banyumas, Centra Java, Indonesia. Economy Transdisciplinarity Cognition. 21. 44-50.

Suryanto & Mas Rasmini. 2018. Analisis Literasi Keuangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Survey pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 8.

Tambunan, Tulus T.H. (2009). UMKM DI INDONESIA (Cetakan pertama). Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahba. (2018). Pengaruh Kebijakan Pendanaan dan Modal Kerja terhadap Profitabilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Banawa. Jurnal Katalogis. 6. 195-203.

Widjaja, Yani Restiani et al. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Abdimas BSI. 1. 465-476. Diakses dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4012.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Azhari, H. N., Putri, N. K., & Suparlinah, I. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UMKM DI WILAYAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. OIKONOMIKA: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 68-77. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i2.72