STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS PADA KANTOR PEGADAIAN SYARIAH UNIT PASAR BARU ABEPURA

Authors

  • Fachrudin Fiqri Affandy IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Siti Jum Iyyah IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i1.106

Keywords:

Strategi Pemasaran, Gadai Emas

Abstract

Strategi Pemasaran Produk Gadai di Kantor Pegadaian Syaraiah Unit Pasar Baru Abepura. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi yang dilakukan dan kendala yang dihadapi Pegadaian Syariah Unit Pasar Baru Abepura untuk menarik minat masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan mampu menarik minat masyarakat terutama di produk gadai emas (rahn) yang merupakan salah satu allternatif pendanaan yang tidak menyulitkan nasabah untuk mendapatkan pinjaman uang. Pegadaian syariah tidak menekankan pada pemberian bunga. Namun, pegadaian syariah sendiri memperoleh keuntungan dari biaya penitipan jasa (barang) yang digadaikan. Promosi yang dilakukan dengan cara pembagian brosur, melalui media sosial, dan juga pemasangan pamflet. Strategi tempat yang dinilai sangat strategis karena berada dipinggir jalan mampu memberikan kemudahan masyarakat untuk tidak terlalu susah mencari outlet di Pegadaian Syariah sendiri. Para pegawai yang sudah mahir serta ramah dan sopan serta proses peminjaman yang cepat dan juga fasilitas yang membuat nyaman para nasabah. Kendala yang dihadapi seperti cuaca yang menghambat dalam pembagian brosur namun untuk mengatasi kendala tersebut mereka juga memasarkan kepada para nasabah yang datang ke outlet atau kantor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Cet ke-16. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2018.

Alma Buchari dan Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah, Alfabeta:

Bandung, 2014.

Arif Nur Rianto Al. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Alfabeta:

Bandung, 2012.

Fatihudin Didin dan Anang Firmansyah. Pemasaran Jasa, Yogyakarta:

Penerbit Deepublish, 2019.

Hery. Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT Grasindo, 2019.

Morrisan. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:Peranamedia Grup, 2008.

Muri, Yusuf. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2004.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Tindakan.

Cet ke-3. Bandung: PT Refika Aditama, 2018.

Seomitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Cet ke-9 Jakarta:

PERANAMEDIA GROUP, 2009.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta:

Penerbit ANDI, 2016.

Sujarweni, V Wiratna. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi.

Yogyakarta: PT PUSTAKA BARU, 2015.

Saladin Djaslim, Unsur-Unsur Inti Pemasaran Dan Manajemen Pemasaran,

Bandung: Mandar Maju, 1991.

Sumarni Murti, Marketing Perbankan, Yogyakarta: Liberty, 1997.

M, Suyanto. Muhammad Marketing Strategy, Yogyakarta: ANDI OFFSET,

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Fiqri Affandy, F., & Jum Iyyah, S. (2020). STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS PADA KANTOR PEGADAIAN SYARIAH UNIT PASAR BARU ABEPURA. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 87-99. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i1.106