PENGARUH PRODUK, PELAYANAN DAN MOTIVASI MENGHINDARI RIBA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v2i1.85Keywords:
Kata Kunci: Produk, Pelayanan, Motivasi, keputusan.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Produk, Pelayanan dan Motivasi Menghindari Riba Terhadap Keputusan Mahasiswa menjadi Nasabah Bank syariah pada Mahasiwa Ekonomi Syariah Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan 35 responden mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Keputusan Menjadi Nasabah yaitu Produk (X1), Pelayanan(X2), secara individual atau secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, sedangkan motivasi menghindari riba(X3) tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan nilai (Adjusted R Square) menunjukkan bahwa keputusan mahasiswa menjadi nasabah dapat dijelaskan simultan oleh variabel Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah yaitu Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Motivasi Menghindari Riba(X3) sebesar 68,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.