SISTEM BAGI HASIL SIMPANAN PADA KOPERASI SYARI’AH BMT ASY-SYABAAB BKPRMI KAB. PINRANG

Authors

  • Muhammad Nasri Katman UIN Alauddin Makassar
  • Syarifuddin Syarifuddin UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i2.102

Keywords:

Kata kunci : Dana Simpanan, Bagi Hasil Simpanan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk Menganalisis sistem bagi hasil simpanan pada Koperasi Syari’ah BMT Asy-Syabaab BKPRMI Kab. Pinrang. penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk memberikan atau menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah secara aktual.

Berdasarkan Hasil Penelitian ditemukan bahwa Prosedur Simpanan di Koperasi Syari’ah BMT Asy-Syabaab BKPRMI dilakukan dengan beberapa tahap seperti mengisi Formulir. Sistem Bagi Hasil dan Perhitungannya yang diterapkan oleh Koperasi Syari’ah BMT Asy-Syabaab BKPRMI pada Simpanan yaitu metode Profit sharing yang sesuai dengan Fatwa DSN No.15/DSN-MUI/IX/2000 Dalam Pembagian Hasil. Sedangkan dalam penetapan pembagian Nisbah bagi hasil telah ditetapkan oleh BMT dan Nasabah (Kesepakatan). Pendapatan bagi hasil Simpanan selalu berbeda, tergantung pada jumlah saldo tabungan dan keuntungan BMT, karena besarnya saldo tabungan dan keuntungan BMT selalu berubah tiap bulannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Katman, M. N., & Syarifuddin, S. (2020). SISTEM BAGI HASIL SIMPANAN PADA KOPERASI SYARI’AH BMT ASY-SYABAAB BKPRMI KAB. PINRANG. EL MUDHORIB: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(2), 14-23. https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i2.102

Issue

Section

Articles